Leaderboard
Hukum

Target Program Tabur 32.1 Kejaksaan RI Ke-146 Tahun 2019 Ditangkap di Jakarta


JAKARTA, IGLOBALNEWS.CO.ID – Tim Intelijen Kejaksaan Agung bersama dan Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan mengamankan satu orang DPO (daftar pencarian orang) dari wilayah Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, yang sedang berada di Jalan TB Simatupang Nomor Ciracas, Jakarta Timur, Senin (11/11/2019).

Buron ke – 146 program Tabur (tangkap buronan) 32.1 Kejaksaan RI 2019 ini merupakan terpidana dalam perkara korupsi yang merugikan keuangan negara – dalam hal ini PT. PLN Batubara – sebesar Rp477,3 Miliar dalam Kerjasama Operasi Pengusahaan Penambangan Batubara.

“Terpidana selaku kuasa dari Andi Ferdian sekaligus direktur Utama PT. Tansri Madjid Energi (PT.TME), bersama Khairil Wahyuni (Direktur Utama PT.PLN Batubara-red), mengatur dan mengarahkan untuk membuat nota kesepahaman dan kerja sama Operasi Pengusahaan Penambangan Batubara agar diberikan kepada terpidana” demikian dituturkan oleh Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung (Kapuspenkum Kejagung) RI, Dr. Mukri SH, MH di Jakarta, Senin (11/11/2019).

Dijelaskan Mukri, terpidana membuat dan menandatangani Nota Kesepahaman dan Kerja sama Operasi Pengusahaan Penambangan Batubara tanpa desk study dan kajian teknis, dan melakukan pengikatan kerja sama jual beli batu bara yang masih berupa cadangan, tidak sesuai spesifikasi batu bara yang ditawarkan.

“Berdasarkan Putusan Mahkamah Agung RI Nomor : 3318 K/Pid.Sus/2019, terpidana terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara “bersama-sama” dan di vonis hukuman pidana selama empat tahun penjara dengan denda sebesar Rp200 juta dengan ketentuan kurungan selama enam bulan apabila denda tersebut tidak dibayar” tutur Mukri.

Terpidana Kokos Jiang alias Kokos Leo Lim, masih menurut Mukri, juga dikenai pidana tambahan membayar uang pengganti sebesar Rp.477.359.539.000,- yang dikompensasikan dengan menitipkan uang ke penyidik Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta di Rekening Bank BNI Cabang Pembantu Tempo Scan Tower Jalan HR. Rasuna Said Jakarta dengan Nomor 0700771126.

Baca Juga  INDONESIA BUTUH SISTEM PERGUDANGAN MODERN DAN TEROTOMASI UNTUK TINGKATKAN DAYA SAING LOGISTIK

Penulis : Richard Aritonang.
Editor : A Jueni.

print

Berita Populer

To Top