Leaderboard Iklan Hari Kesehatan Nasional Pemkab Morowali
Tangerang

Polisi Bongkar Pemalsuan Buku KIR di Tangerang Diduga Oknum Pegawai Dishub Terlibat

TANGERANG, IGLOBALNEWS.CO.ID – Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polres Metro Tangerang berhasil membongkar Kasus praktek dugaan pemalsuan Buku Kir (uji Kelayakan) kendaraan yang terjadi di UPTD-PKB Dinas Perhubungan Kota Kamis (19/9/2019) lalu .

Keberhasilan pengugkapan kasus tersebut dibenarkan pula oleh Kassubag Humas Polres Metro Tangerang Kompol Abdul Rachim saat dihubungi melaui pesan Whatsapp, “ya benar kasusnya ditangani ResKrimum Polres Metro Tangerang,” ujarnya Kamis (31/10/2019).

Kasus pemalsuan yang melibatkan salah seorang Oknum Pegawai di Dinas Perhubungan Kota Tangerang ini bermula ketika Widodo Pemilik Buku Kir yang juga sebagai korban penipuan melaporkan adanya dugaan pemalsuan dan penipuan terkait buku KIR miliknya yang tidak sesuai peruntukannya. Kejanggalan tersebut diketahui setelah dirinya melakukan pengecekan melalui sistem online. Dari situlah ia mengetahui bahwa isi didalam buku KIR tersebut tidak sesuai dengan mobil peruntuk annya.

Lebih lanjut dalam keteranganya widodo mengungkapkan bahwa ia mengurus Buku KIR tersebut melalui seseorang berinisial SKR. Tak Lama, hanya berselang satu hari Petugas langsung mengamankan SKR Jumat (20/9/2019).

Saat dimintai keterangan oleh petugas, SKR menyebutkan bahwa dirinya melakukan pengurusan buku KIR tersebut melalui NFN.

Dari keterangan tersebut petugas kemudian mengarahkan pemeriksaan kepada NFN.

Selanjutnya dalam keteranganya NFN ia mengakui pengurusan tersebut lewat Snd yang jg akhirnya diperiksa petugas. Hasil dari pemeriksaan Snd menyebutkan bahwa kepengurusan tersebut melalui AD dan Roh.

Mendapat keterangan dari Snd yang menyebutkan dua pelaku lainya,petugas langsung menjemput AD dan Roh ditempat terpisah Senin(23/9/2019).

Saat itu petugas mendapati pelaku AD sedang berada dirumahnya Kp Pengodo kan Tegal Nyaring RT.06 RW.01 Kel.Kuta Bumu Kec.Pasar Kemis Kabupaten Tangerang.

Selanjutnya petugas melakukan pengeledahan dirumah AD dan didapati barang barang yang diduga digunakan untuk membuat Buku KIR diduga Palsu antara lain : 18 Buku KIR kosong, 1 unit CPU dan monitor computer, 2 unit mesin printer, beberapa Stempel dinas perhubungan (DISHUB), Kertas Stiker Uji KIR, Bak stempel, Jarum ketok, Palu.

Baca Juga  DPD Organda Provinsi Banten : Selamat Atas Dilantiknya Gubernur Dan Wagub Banten

Selanjutnya dari hasil keterangan pelaku buku kir tersebut didapatkan beli dari Krs oknum pegawai Dishub kota tangerang.

Dari pengakuan oknum Dishub tersebut buku KIR tersebut ia dapat dari hasil mencuri digudang. Saat dicuri Buku kir test masih dalam keadaan kosong keluaran tahun 2006 dan tidak terpakai lagi.

Kini Kelima pelaku dan barang bukti berupa dua buku KIR diduga palsu,bsatu Unit komputer merek DAZUMBA, dua unit mesin Perinter merek EPSON, Beberapa Stempel Dinas Perhubungan (DISHUB), Kertas Stiker Uji KIR, Bak stempel, Jarum ketok dan Palu telah diamankan di Polres Metro Tangerang Kota untuk penyelidikan lebih jauh.

Penulis : Jfr.
Editor : A Jueni.

print

Iklan Hari Kesehatan Nasional Pemkab Morowali

Berita Populer

Iklan Hari Kesehatan Nasional Pemkab Morowali
To Top