Leaderboard
Jawa Tengah

Pipa Induk Bocor Air PDAM di Kota Tegal dan Kabupaten Sebagian Tak Mengalir


TEGAL, IGLOBALNEWS.CO.ID -Jaringan pipa induk milik Perusahaan Daerah Air Bersih (PDAB) Tirta Utama Jawa Tengah yang melintas di Desa Danawarih, Kecamatan Balapulang pecah. Hal ini menyebabkan layanan distribusi air bersih PDAM ke wilayah sekitar Kota Tegal dan Kabupaten Tegal terganggu pengaliranya. Jumat (15/11/2019).

Seperti yang dibeberkan Direktur PDAM kabupaten tegal BrahMono WP, “kebocoran pipa induk terjadi pada hari Selasa (12/11/2019) kemarin, Perbaikan pipa yang rusak merupakan kewenangan PDAB, jadi kami sifatnya menunggu sampai ini selesai.” bebernya.

” Hasil koordinasinya dengan PDAB memperkirakan proses perbaikan pipa selesai sore ini, baru setelah itu pihaknya bisa menyetel ulang titik-titik percabangan agar tidak terjadi tekanan balik air atau water hammer. Jika sesuai dengan rencana, diperkirakan malam ini juga layanan PDAM Kabupaten Tegal lancar kembali.” Imbuhnya pria yang akrab disapa Bram

Memang adanya hal tersebut aliran air PDAM mati tak mengalir banyak masyarakat mengeluh karena hal tersebut seperti air bersih sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk sehari-harinya dikomsusi, apalagi dengan musim kemarau yang panjang menjadikan cuaca setiap hari yang panas sehingga air bersih dibutuhkan sangat penting.

Di tempat yang sama Kepala Bagian Teknik PDAM Kabupaten Tegal juga memaparkan, “75% (persen) suplai air bersih PDAM Kabupaten Tegal diperolehnya dari PDAB Tirta Utama sedangkan 25% sisanya bersumber dari saluran pipa lama yang dikelola secara langsung oleh PDAM Kabupaten Tegal dan masih mengalir sampai sekarang.” Ujarnya.

Lanjutnya, “Pada kondisi seperti ini bisa terjadi, ada rumah pelanggan PDAM yang airnya tidak mengalir, tapi tetangga sebelah justru mengalir,” pungkasnya Nandang Indradani.

Penulis : Rico S.
Editor : A Jueni.

print

Berita Populer

To Top