Leaderboard
Jawa Tengah

Kota Tegal Lauchingkan Secara Simbolik Bantuan Sosial Bagi Penunggu Pasien Sakit

TEGAL, IGLOBALNEWS.CO.ID – Khususnya Warga Tegal bakal menerima bantuan dari pemkot Tegal bagi masyarakat yang kurang mampu bila keluarganya sedang sakit, Bagi penunggu keluarga yang sakit dirumah sakit akan mendapatkan 50 ribu rupiah paling banyak selama empat (4) hari.

Pemberian tersebut akan diberikan maksimal dua kali dalam satu tahun, program ini sudah di launchingkan sejak hari kamis, berupa pemberian bantuan sosial untuk penunggu pasien rawat inap di RSUD Kardinah Kota Tegal pada (7/112019).

Pada acara tersebut dihadiri Walikota Tegal H. Dedy Yon dan Kepala OPD Kota Tegal serta Direktur BPJS dengan lainya tamu undangan.

Acara melaunchingkan program Penunggu Pasien Sakit ditandai dengan Cara Pemukulan Gong secara simbolik oleh Walikota Tegal.

Dalam sambutanya Walikota Tegal menyampaikan, “ini adalah satu perwujudan program visi misi Walikota dan Wakil Walikota Tegal, diharapkan bisa berjalan dengan baik dan berkelanjutan. Bantuan senilai Rp 50 ribu perhari dari pasien masuk, sebisa mungkin diproses diawal, jangan menjadi program yang berbelit-belit. Jangan lah masyarakat kurang mampu dibebani dengan proses administrasi yang sulit, semua harus tertangani dengan mudah, simpel dan cepat. Paling tidak bisa membantu keluarganya, dengan memberikan bantuan uang pendamping melalui bantuan sosial tersebut.” Tegasnya, H. Dedy Yon.

Sementara ditempat yang sama Kepala Dinsos Kota Tegal Dyah Kemala Shinta mengatakan, ” bantuan ini tujuannya adalah untuk melindungi warga kota tegal dari kemungkinan peristiwa sosial khususnya bagi warga kurang mampu. Sasaran bantuan ini adalah warga atau penunggu pasien yang dirawat di kelas 3 di RSUD Kardinah.

” Penerima harus warga Kota Tegal dibuktikan dengan menunjukan KTP Elektronik dan termasuk anggota keluarga pasien. Jika bukan harus ada surat kuasa dari pasien yang dirawat. Bantuan diberikan 50 ribu perhari paling banyak sejumlah 4 hari rawatan dan diberikan maksimal 2 kali dalam 1 tahun.” ungkapnya

Baca Juga  420 Calon Kades di Kabupaten Tegal Ikuti Deklarasi Damai

Sambung Kepala Dinsos, “Adapun mekanismenya, warga selaku penunggu pasien wajib mengisi formulir untuk diajukan ke petugas yang ditunjuk oleh RS Kardinah dan diverifikasi untuk selanjutnya dicairkan bantuannya melalui Bank Jateng. Anggaran bantuan ini diambil dari APBD Kota Tegal. Untuk launching bantuan ini diberikan bantuan secara simbolis kepada 6 orang penunggu pasien.” imbuhnya.

Penulis : Rico S.
Editor : A Jueni.

print

Berita Populer

To Top