Lombok

Ketua Baznas Lotim: Ada 8 Asnab Penerima Zakat Sesuai Surat Attaubah Ayat 60

on


LOMBOK TIMUR, IGLOBALNEWS.CO.ID – Selama ini kita sudah sering mendengar wajibnya membayar zakat, lalu sudah tahukah Kita dengan jelas dan rinci siapa saja golongan yang diperbolehkan menerima zakat, kita simak ulasan mengenai 8 Asnaf(orang Orang yang berhak menerima zakat) atau penerima manfaat zakat berdasarkan surat At-Taubah ayat 60 sebagai berikut :
1. Fakir; Mereka yang hampir tidak memiliki apa-apa sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan pokok hidup.
2. Miskin; Mereka yang memiliki harta namun tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar untuk hidup.
3. Amil; Mereka yang mengumpulkan dan mendistribusikan zakat.
4. Muallaf; Mereka yang baru masuk Islam dan membutuhkan bantuan untuk menguatkan dalam tauhid dan syariah.
5. Hamba sahaya; Budak yang ingin memerdekakan dirinya.
6. Gharimin ; Mereka yang berhutang untuk kebutuhan hidup dalam mempertahankan jiwa dan izzahnya.
7. Fisabilillah; Mereka yang berjuang di jalan Allah dalam bentuk kegiatan dakwah, jihad dan sebagainya.
8. Ibnus Sabil; Mereka yang kehabisan biaya di perjalanan dalam ketaatan kepada Allah.

Demikian yang disampaikan Ketua Baznas Lombok Timur, Ismul Basar, SP diruang kerjanya pada (25/11/2019).

Ada beberapa program unggulan Baznas Lotim yakni program Baznas Sehat membantu masyarakat sakit kurang mampu, Baznas Cerdas membantu warga miskin tidak mampu melanjutkan sekolahnya, Baznas Terampil Sejahtera untuk warga tidak mampu yang memiliki keterampilan berwirausaha yang akan dibantu melalui pengembangan ekonomi mustahik sedangkan Baznas Tanggap Bencana diperuntukkan bagi warga yang terdampak bencana gempa.

Adapun Target Prioritas saat ini ucap Ismul Basar membagi Lotim membagi 3 zona khususnya zona ketiga yang jauh dari perkotaan misalnya Kecamatan, Sembalun, Sambelia Pringgabaya, Jerowaru yang selama ini belum mendapat bantuan maksimal. Kemudian zona 2 dengan kategori penduduknya rumah tangga miskin.

Baca Juga  Dosen STIA Muhammadiyah Selong Bersama FWMO Lotim Kolaborasi Sumbang Air Bersih pada Warga

Lebih jauh disampaikan Ismul Basar, dengan adanya Reformasi Birokrasi lembaga Amil yang dipimpinnya, Baznas Lotim akan melebarkan sayapnya melalui koordinator Unit Pengumpulan Zakat dimasing masing Kecamatan agar bisa mengoptimalkan potensi zakat khususnya dikalangan Aparatur Sipil Negara(ASN).

Ketua Baznas Lotim juga menyampaikan akan membentuk Unit Pengumpul Zakat(UPZ) pada tingkat desa, dan akan direalisasikan pada tahun 2020 mendatang.

“Kita berharap semua stage holder yang ada bisa ikut berkontribusi dalam pengumpulan zakat untuk mengurangi angka kemiskinan di Gumi Patuh Karya yang hingga saat ini mencapai 16,55%, (Persen)” tandasnya.

Reporter: Jhon.
Editor : A Jueni.

print

About iGlobalNews

Recommended for you