Sumatera Selatan

Kampanye Hidup Sehat ke Daerah Pelosok, Muba Dinobatkan Jadi Kabupaten Sehat 201

on

Wanita Inspirasi Sumsel ini juga menambahkan, untuk menerapkan pola hidup sehat dan bersih tidak butuh biaya mahal yang paling penting kesadaran warga itu sendiri untuk menjalankan hidup bersih dan sehat.

“Misalkan dengan menjaga kebersihan, melakukan aktifitas fisik, menghindari asap rokok, serta makan makanan dengan gizi seimbang. Percayalah kalau hidup kita bersih dan sehat maka kesuksesan akan menyertai kita, nah inilah yang tak henti-hentinya kita tanamkan kepada warga,” ulasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Muba, dr Azmi Dariusmansyah MARS mengungkapkan, penghargaan Kabupaten/kota sehat ini merupakan cermin dari Komitmen Kepala Daerah yang fokus dalam pembangunan khususnya untuk mewujudkan masyarakat yg sehat dan mandiri.

“Ini didapatkan melalui proses terhadap target yang sudah ditetapkan, dan berjalan terus-menerus. Seperti diketahui kabupaten Musi Banyuasin sejak tahun 2002 sudah menjalankan Berobat Gratis dan dengan keluarnya regulasi Jaminan Kesehatan Nasional komitmen kepala Daerah tetap mengintegrasi masyarakatnya yang tidak mempunyai jaminan ke BPJS, selain itu juga pemenuhan anggaran untuk bidang kesehatan minimal 10 persen,” jelas Azmi.

Lanjutnya, penghargaan ini juga menandakan adanya dukungan dari berbagai lintas sektor baik swasta maupun masyarakat. Terbukti besarnya parisipasi dari ketua Forum Kabupaten Sehat dalam memberikan masukan-masukan dengan tujuan untuk mewujudkan Kabupaten Muba Sehat.

“Selain itu, upaya dari Pemerintah untuk mengubah budaya masyarakat tentang pentingnya hidup sehat dimulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat umum. Program-program itu yang sudah diupayakan dengan cara sinergitas antar OPD dan pihak-pihak lain,” pungkasnya.

Diketahui, penghargaan diberikan kepada 6 Gubernur, 177 Bupati dan Walikota serta 3 orang motivator dari tim pembina yang aktif mengkoordinasikan dan membina seluruh forum Kabupaten/Kota di wilayah provinsinya untuk menyelenggarakan kabupaten/kota sehat.

Baca Juga  Gubernur Sumsel Lantik Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Lahat Cik Ujang dan Haryanto

Penulis : Rahmadi.
Editor : A jueni.

print

Laman: 1 2 3

About iGlobalNews

Recommended for you