Sumatera Selatan

Kampanye Hidup Sehat ke Daerah Pelosok, Muba Dinobatkan Jadi Kabupaten Sehat 201

on

Dalam sambutannya Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto berharap agar momentum, pemberian penghargaan ini memberi manfaat dan pemahaman yang sama akan arah dan kebijakan pembangunan kesehatan di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia menuju Indonesia Sehat.

Program KKS bertujuan agar tercapai kondisi Kabupaten Kota bersih, aman, nyaman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warganya dengan cara terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain sehingga dapat meningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakatnya.

Perlu diketahui bahwa penghargaan Kabupaten Kota Sehat (KKS) bukanlah sebuah lomba melainkan apresiasi pemerinta pusat pada pemerintah daerah yang sudah menyelenggarakan KKS sesuai Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 tahun 2005 dan Nomor:1138/Menkes/PB/VIII/2005.

Penyelenggaraan Program KKS melibatkan banyak lintas sektor dan lintas program melalui Tatanan dalam KKS. Ada 7 tatanan KKS, yaitu Kawasan Permukiman, Sarana dan Prasarana Umum; Kawasan Sarana Lalu Lintas Tertib dan Pelayanan Transportasi; Kawasan Industri dan Perkantoran Sehat; Kawasan Pariwisata Sehat; Kawasan Pangan dan Gizi; Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri; serta Kehidupan Sosial yang Sehat.

Setiap tahun genap, dilakukan verifikasi KKS tingkat provinsi. Sementara penghargaannya diberikan setiap tahun ganjil.

“Penghargaan diberikan atas upaya yang dilakukan daerah selama 2 tahun terakhir di setiap periode pemberian penghargaan dan diberikan dalam rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN),” jelasnya

Sementara itu, Ketua Forum Kabupaten Sehat Muba, Thia Yufada Dodi Reza menuturkan di berbagai kesempatan dirinya mengajak semua pihak utamanya jajaran OPD Muba dan TP PKK Muba untuk tak henti-hentinya mengkampanyekan pola hidup bersih dan sehat ke warga khususnya kepada warga di kawasan pelosok.

“Begitu pula seperti saya dan pak Dodi yang di tiap kesempatan kunjungan kerja ke Desa-Desa di Muba selalu mengajak warga untuk melaksanakan pola hidup yang sehat dan bersih,” urainya.

print

Laman: 1 2 3

About iGlobalNews

Recommended for you