Hukum

Jaksa Penyidik Kejati Sumut Tahan Direktur Kapital Market PT. MNC Securitas

on

Proses yang dilakukan oleh Pimpinan Divisi Treasuri PT. BANK SUMUT adalah meminta kepada Divisi Kredit untuk memperoleh Issuer Limit atau Batas Minimum Pemberian Kredit (BMPK). Kemudian Divisi Kredit menjawab surat dari Divisi Tresuari lewat surat, berupa memorandum yang telah mendapat persetujuan dari Direktur Bisnis dan Syahriah dan direkur Utama PT Bank Sumut yang mengusulkan jumlah kredit line (batas kredit) sebesar Rp.52,5 Miliar.

Atas dasar persetujuan BMPK tersebut, selanjutnya oleh Divisi Treasury melakukan pembelian MTN yang diterbitkan oleh PT.SNP melalui Arranger MNC Securitas dengan menandatangani trade confirmation pada tanggal 1 Nopember 2017, dan selanjutnya PT Bank Sumut melakukan pembayaran sebesar Rp.50 Miliar.

MNC Securitas mengajukan lagi penawaran MTN Ke-IV PT.SNP tahap I tahun 2018 dengan cara sama dan mendapat persetujuan dari Direktur Bisnis dan Syariah. Direktur Utama PT.Bank Sumut menetapkan Batas Minimum Pemberian Kredit (BMPK) sebesar Rp183, 357 Miliar, yang selanjutnya PT Bank Sumut melakukan pembayaran sebesar Rp75 Miliar atas pembelian MTN yang diterbitkan oleh PT.SNP tersebut.

“Kejanggalan tersebut akhirnya diketahui oleh Otorisasi Jasa Keuangan (OJK) sehingga diterbitkannya surat Deputi Komisioner Pengawas IKNB II tentang Pembekuan Kegiatan Usaha PT. SNP Finance. Dan korelasinya, berdampak pada Medium Term Note (MTN) PT. SNP yang telah dibeli oleh PT.Bank Sumut karena keuntungan yang semestinya diterima oleh PT. Bank Sumut, tidak bisa diterima” papar Mukri menjelaskan.

Bahkan dana PT.Bank Sumut yang telah diinvestasikan kepada PT.SNP sebesar Rp.177 Miliar, papar Mukri, terancam hilang karena PT.SNP telah dimohonkan ke Pengadilan untuk di pailit kan, sehingga akan berdampak pada kerugian PT.Bank Sumut.

Saat ini tersangka ditahan oleh Jaksa Penyidik selama 20 hari kedepan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Tanjung Gusta, Medan hingga menjalani proses hukum selanjutnya.

Baca Juga  Kapolda Sumut Kerahkan 11.000 Personil Gabungan TNI, Polri dan Pemerintah Dalam Ops Ketupat Toba 2020

Penulis : Richard Aritonang.
Editor : A Jueni.

print

Laman: 1 2

About iGlobalNews

Recommended for you