Leaderboard
Jakarta

Ini 8 Cara Mendapatkan Kartu Pra Kerja


JAKARTA, IGLOBALNEWS.CO.ID – Dalam masa kampanye pemilu Presiden 2019 lalu. Presiden Joko widodo telah mempromosikan Kartu Prakerja bersamaan dengan kartu KIP kuliah dan Kartu sembako murah.

Dikabarkan, dalam waktu dekat nanti pemerintah berencana akan membagikan kartu Pra kerja yaitu sebuah kartu yang digalangkan dalam rangka program pelatihan dan pembinaan warga negara Indonesia yang belum memiliki keterampilan.

Dilansir dari Kompas.Com Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah mengatakan ada delapan cara untuk mendapatkan Kartu Prakerja.

Pertama calon peserta harus mendaftarkan diri melalui kemenaker.go.id.dengan menggunakan Prinsip First in First Serves atau diartkan mendaftar duluan akan mendapat pelatihan vokasi lebih dulu.

2. Pemerintah akan melakukan proses seleksi secara online. Hasilnya pun akan diumumkan melalui situs Kemenaker.

3. Kalau calon peserta lulus seleksi, mereka perlu memilih lembaga pelatihan vokasi melalui website atau aplikasi.

4. Peserta nantinya akan mengikuti pelatihan sesuai pilihan mereka, baik secara tatap muka maupun daring. Biaya pelatihan berkisar Rp 3 juta hingga Rp 7 juta akan ditanggung pemerintah.

5. Setelah mendapatkan sertifikasi kompetensi dapat mengikuti uji kompetensi, biaya akan disubsisidi dari program kartu pra-kerja hingga Rp 90.000.

6. Peserta akan mendapat insentif persiapan melamar pekerjaan sebesar Rp 500.000.

7. Peserta akan memberikan penilaian dan evaluasi proses pelatihan yang telah diikuti, dan.

8. Peserta harus mengisi survei kepekerjaan yang dilakukan secara periodik untuk mendapat data apakah sudah mendapatkan kerja atau belum.

“Dengan kartu pra kerja ini nantinya lulusan SMP, SMA, SMK, atau Universitas pemegang kartu ini akan di-training,bisa di BUMN, swasta juga Kementerian pemerintah dalam jumlah yang banyak”kata ida dalam kutipan keterangannya.

Diharapkan, melalui program Kartu Pra Kerja ini,kompetensi para pencari kerja baru, pencari kerja yang alih profesi, atau korban PHK dapat mengisi kebutuhan dunia kerja, sehingga masalah pengangguran di Indonesia dapat diatasi

Baca Juga  KPA : Kami Akan Terima Keputusan dari Presiden

Penulis : Jfr.
Editor : A Jueni.

print

Berita Populer

To Top