Leaderboard Iklan Hari Kesehatan Nasional Pemkab Morowali HUT Morowali Pemkab
Jawa Tengah

Calon Kades Desa Bersole Kec. Adiwerna Diduga Tabrak Aturan Hukum

Photo diambil dari Google.

Photo diambil dari Google.

TEGAL, IGLOBALNEWS.CO.ID – Pemilihan Kepala Desa Serentak pada gelombang III yang di laksanakan di tiap desa berbagai kecamatan, Kabupaten Tegal, yang diselenggarakan pada, Rabu 20, November 2019. Dalam Pilkades berbagai cara yang di lakukan para calon Kades agar bisa memenangkan pada pemilihan Kades di desanya, Mulai dari Visi dan Misi, janji, imimg-iming dan politik Uang pada masyarakat. Salah satunya Pilkades di Desa Bersole Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal salah satu Calon Kades yang dilaporkan ke Polres Tegal atas diduganya politik Uang (Money politik) oleh salah salah satu Colon Kades di desa pemilihannya. Kamis (28/11/2019).

Pasalnya, pelanggaran yang diduga melakukan politik uang (money politik) tersebut diketahui oleh masyarakat setempat pada saat menjelang akan dilaksanakannya pemilihan kepala desa, pada Rabu 20, November 2019, atas kejadian tersebut masyarakat desa dengan cepat melaporkan atas diduga salah satu Calon Kades ke Panitia Pilkades.

Salah satu warga Sururi membeberkan, “ Saya telah memperegoki salah satu Tim kemenangan calon Kades Nomor urut 04, sebut saja Budiman, yang telah membagi-bagikan amplop berisi uang senilai Rp 25 ribu, dan 30 amplop yang lebih yang belum dibagikan, kemungkinan sudah banyak yang dibagikan pada masyarakat pak.” bebernya dengan nada santai.

Ketua Panitia Pilkades Bersole menjelaskan, “ memang benar adanya Politik uang (moneypolitik) yang diduda dari salah satu calon Kades terpilih di Desa Bersole. Dan ini sudah kami dilaporkan ke Polres Tegal, jelasnya Dirto saat dijumpai kepada awak media di warungnya, Kamis (21/11/2019).

Lembaga LP-KPK Tegal.

Lembaga LP-KPK Tegal.

Sementara Kasat Reskrim Polres Tegal AKP Gunawan Wibisono membenarkan, adanya laporan masuk dari Panitia Pilkades terkait diduganya Politik Uang (Moneypolitik) dari salah satu calon Kades Desa Bersole.

Baca Juga  Menhub Optimis Pembangunan Kereta Bandara Adi Soemarmo Solo Selesai Desember 2018

“ ini sedang dalam proses penyidikan oleh personil gabungan, ada pun barang bukti yang diduga berupa amplop berisikan uang sudah kami amankan, dan kami akan segera panggil pihak pemberi dan para saksi-saksi.

Lanjutnya, “ Masyarakat harus paham tentang hukum Politik Uang (moneypolitik). Dan kasus ini bisa jadi pembelajaran (Contoh,red) untuk para calon kontestan di pilkades tahun berikutnya.” Ujar Kasat Reskrim Polres Tegal kepada awak media, di ruang kerjanya, Rabu (26/11/2019).

“ Tersangka kami kenakan Pasal 149, berdasarkan aturan-aturan umum dengan memberi atau menjanjikan sesuatu, menyuap seseorang supaya tidak memakai hak pilihnya atau supaya memakai hak itu menurut cara tertentu dan diancam dengan sembilan (9) Bulan penjara atau denda Rp. 4.500,” Tambahnya.

Ditempat yang berbeda LP-KPK Tega, Erwin Suryanto SE mengungkapkan, “ dirinya akan kawal terus kasus ini, supaya hukum ditegakan seadil-adilnya agar terungkap semua dengan tuntas.” Ungkap Erwin, dengan nada yang kesal saat di kantornya.

Penulis : Rico S
Editor : A Jueni.

print

Iklan Hari Kesehatan Nasional Pemkab Morowali HUT Morowali PT IMIP HUT Morowali Pemkab Iklan Kecamatan Bahodopi HUT MOrowali ke-20

Berita Populer

To Top