Leaderboard Iklan Muba Pelantikan Muba DPRD Iklan HUT TNI ke-74 Morowali
Sumatera Selatan

Sejarah Arti Nama Talang Betutu Palembang Ada 2 Versi

SUMSEL, IGLOBALNEWS.CO.ID – Talang Betutu adalah sebuah Kecamatan Sukarame Kota Palembang.

Sebelumnya,di kawasan ini berdiri sebuah bandaraTalang Betutu yang merupakan pintu masuk ke Kota Palembang melalui jalur udara.

Bandara kemudian di pindahkan dan beruba nama menjadi Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II.

Pemerhati sejarah Kota Palembang Muhamad Ikhsan mengatakan, dulunya Bandara Talang Betutu menjadi ikon dari kawasan ini, namun masyarakat dulu lebih mengenal bandara Talang Betutu dengan sebutan Airport, banyak yang menyebutnya sebagai pelud (Pelabuhan Udara),” katanya.

Sebelum akhirnya nama bandara lebih familiar di telinga masyarakat saat ini.

“Tapi yang jelas, Talang Betutu dulunya di kenal karena ada Airport. Hal itu bisa kita lihat di buku-buku sejarah anak SD,” ujarnya Jum’at (11/10/2019).

Ikhsan juga menjelaskan asal usul nama Talang Betutu. Dimulai dari kata talang.

“Zaman dulu ada pohon besar yang batangnya di tato atau di tata dan berlubang.Tidak diketahui berlubang karena apa.Apakah karena burung pelatuk atau lain.dari Betoto kemudian di sebut Betutu,” ujarnya Jum’at (11/10/2019).

Sedangkan dari versi kedua, Betutu terintipirasi dari nama Ikan Betutu yang dulunya di katakan banyak di wilayah tersebut karna versi kedua ini yang paling umum dan yang paling banyak di sebut-sebut,” ujarnya singkat.

Penulis : Edi pirang.
Editor : A Jueni.

print

Iklan Ucapan Pelantikan Presiden RI PT IMIP Iklan Muba Pelantikan DPRD Muba Iklan Ucapan Pelantikan Presiden RI PT OTI EA Abadi Iklan HUT TNI ke-74 Morowali Iklan HUT TNI ke-74 Morowali Iklan HUT TNI Morowali Iklan Morowali

Berita Populer

To Top