Lebak Banten

Rehabilitasi Situ Pasir Ayunan BBWSC3 Diduga Acukan Permen PU

Terbit Tanggal 14 Oktober 2019 oleh iGlobalNews


LEBAK, IGLOBALNEWS.CO.ID – Pelaksanaan kegiatan Danau Situ dan Embung SNVT Pembangunan bendungan Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau-Ciujung-Cidurian (BBWSC3). Jenis pekerjaan rehabilitasi Situ Pasir Ayunan Kabupaten Lebak yang berlokasi di desa sajira dengan kode paket Psr.Ayn. ST-I/2019 dan Nomor Kontrak.HK.02.03/snvt- PB/DSE/37/2019 serta nilai kontrak Rp.11.775.500.000,- waktu pelaksanaan 210 hari kalender kerja yang dikerjakan oleh PT. Manggalakarya Bangun Sarana KSO PT. Duta Bhuana Jaya melalui Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu Pembangunan Bendungan.

Namun miris, proyek yang menelan biaya belasan milyar rupiah tersebut yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2019 melalui Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Kemen PU DitJen SDA), diduga kuat tidak memikirkan nasib orang kecil (pekerja-red), pantauan hasil awak media di lokasi kegiatan, bahwa kesehatan dan keselamatan para pekerja terkesan tidak diprioritaskan oleh pihak kontraktor selaku penyedia jasa, bahkan terkesan terjadi pembiaran oleh pihak BBWSC3 Banten.

Pasalnya, terlihat jelas secara kasat mata, para pekerja pada proyek tersebut tidak di lengkapi Alat Pengaman Diri (APD) SAFETY yang seharusnya wajib di sediakan oleh pihak perusahan selaku pemenang tander proyek, sesuai dengan yang diatur oleh Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 05 Tahun 2014 tentang Pedoman Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) Kontruksi Bidang Pekerjaan Umum yang seharusnya menjadi acuan oleh pihak penyedia Jasa dan juga Penguna Jasa.

Ketika persoalan ini akan dikonfirmasikan kepada pihak pelaksana di lapangan selasa (01/10/2019), namun sayang pelaksana tidak ada ditempat, menurut salah seorang yang ketika itu berada di kantor di reksikeet perusahaan tersebut pelaksananya sedang keluar dan tidak tau kemana. Ungkapnya.

Sampai berita ini diterbitkan, Hanif Wasistono Adi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Danau Situ dan Embung dari Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau-Ciujung-Cidurian BBWSC3 Banten belum dapat dikonfirmasi.

Penulis : Bobheri ZM/NR.
Editor : A Jueni.

print

Dirgahayu Kota Tangerang

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Facebook

To Top