Leaderboard Iklan Hari Kesehatan Nasional Pemkab Morowali
Nias

Oknum Camat Maniamolo Diduga Terlibat Kasus Dana Desa Bowohosi

NISEL, IGLOBALNEWS.CO.ID – Melalui Menteri Daerah Tertinggal, Pemerintah pusat menyalurkan dana di setiap desa di seluruh Indonesia sebesar Rp. 500.000.000,- s/d Rp. 1.000.000.000,- di setiap Desa untuk pembangunan fasilitas, terutama untuk pembangunan jalan dan pengembangan fasilitas lainnya demi kesejahteraan masyarakat. Tetapi aneh di Desa Bowohosi, Kecamatan Mainamolo, selama empat tahun anggaran tersebut fiktif.

Warga Desa Bowohosi Kecamatan Maniamolo telah melaporkan oknum Pj Kades, Fiktorias Manao ke Inspektorat Kabupaten Nias Selatan terkait kasus dana desa yang fiktif selama empat tahun anggaran. Diketahui, oknum Pj Kades yang merangkap sebagai pegawai kantor camat tersebut kerap menarik dana desa dari Bank Sumut, namun hingga saat ini belum ada realisasinya dan oknum Camat Maniamolo, Ideaeliman Dakhi, SE diduga terlibat dalam kasus tersebut.

Pada tanggal 23 Oktober 2019, wartawan media ini bersama wartawan lainnya mendatangi kantor Camat Maniamolo guna konfirmasi terkait pelaksaanaan anggaran tersebut di Desa Bowohosi, sekaligus konfirmasi mengenai surat yang dilayangkan oleh Inspektorat Kabupaten Nias Selatan kepada Camat Maniamolo beberapa minggu yang lalu.

Namun pada saat konfirmasi, oknum Camat Maniamolo, Idelisman Dakhi, SE mengatakan, “Masalah laporan pengaduan Warga Desa Bowohosi, hal itu telah kami selesaikan. Sudah tidak ada lagi masalah, hal ini sekaligus sebagai pemberitahuan kepada pihak Inspektorat Kabupaten Nias Selatan, sehingga kami tidak perlu menyurati lagi. Nanti akan kami beritahu pada proses terakhir dan sebanyak 14 Desa di Kecamatan Mainamolo memang bersih, tidak ada masalah,” tuturnya.

Sementara, para tokoh dari berbagai elemen di Kecamatan Maniamolo, menyampaikan kepada wartawan media ini bahwa mereka merasa keberatan atas sikap oknum Camat Mainamolo yang terkesan melindungi para oknum Pj kades yang bermasalah, khususnya menyangkut kasus dana Desa Bowohosi yang hingga saat ini tidak ada penyelesaian, tidak ada yang beres, semua bemasalah,” ungkapnya.

Baca Juga  Sekdes Desa Hilitobara Terima Gaji Double Karena Rangkap Jabatan

Oleh karena itu, Bupati Nias Selatan selaku pemegang kekuasaan tertinggi di Wilayah Kabupaten Nias Selatan sebaiknya melakukan tindakan yang tegas dan nyata terkait masalah ini. Sehingga pelaksanaan dana desa tersebut dapat ditelusuri. Dan sebaiknya melakukan evaluasi terhadap oknum Camat Maniamolo. Sebab hal ini menjadi beban kita bersama, dana tersebut adalah uang Negara.

Penulis : Aliran Duha.
Editor : A Jueni.

print

Iklan Hari Kesehatan Nasional Pemkab Morowali

Berita Populer

Iklan Hari Kesehatan Nasional Pemkab Morowali
To Top