Leaderboard Iklan Muba Pelantikan Muba DPRD Iklan HUT TNI ke-74 Morowali
Nias

Menghadapi Ratusan Pendemo, Kadis PMD Nisel Alber Duha Pucat

NISEL, IGLOBALNEWS.CO.ID – Warga masyarakat Desa Bawoganowo mendatangi Kantor Bupati Nias Selatan untuk mengklarifikasi terkait kinerja Panitia Pilkades yang dinilai tidak adil serta meminta penegakan keadilan dan kebenaran terkait calon cakades An. Pendirian Laoli yang sama sekali belum pernah mendaftar pada saat pembukaan pendaftaran Cakades, namun tiba-tiba namanya muncul pada saat penutupan pendaftaran dengan nama Pendirian Loi.
Ada indikasi bahwa ia mengubah marganya agar panitia meloloskannya sebagai cakades, Jum’at (11/10/2019)

Pada hari Kamis, 10 Oktober 2019, masyarakat Desa Bawoganowo datangi Kantor Bupati Nias Selatan di jalan Lagundri km 5. Seorang aktivis, Rumusan Laia mewakili para pendemo menyampaikan orasinya dan menyuarakan “Semoga Bupati bertindak tegas terhadap tindakan panitia di Desa Bawoganowo. Tegakkan keadilan dan kebenaran sesuai implementasi Perbup Nomor 23 yang dinilai dikangkangi oleh oknum-oknum panitia di tingkat desa hingga ke tingkat kabupaten, yang di dukung oleh Kadis PMD sehingga beliau berpihak kepada panitia.

Padahal surat dari Pengadilan Negeri Gunungsitoli pada tanggal 23/26 Agustus 2019 berisikan bahwa oknum Cakades, Pendirian Laoli berubah marga menjadi Pendirian Loi dan tidak pernah masuk penjara. Dalam hal ini, tampak buruknya kinerja panitia di Desa Bawoganowo yang dengan sengaja menciptakan rekayasa dalam pembuatan administrasi demi meloloskan seorang oknum cakades dalam tahap administrasi. Tentunya hal ini dapat menciderai visi dan misi Bupati Nias Selatan, Siwa Sanuwu Sihono.

Pemerintah Kabupaten Nias Selatan diwakili oleh (Sekda) Ir. Ikhtiar Duha, dengan ramah menyambut massa tersebut dan meminta kepada peserta demo untuk bersabar, “sebab ada beberapa desa yang juga bermasalah mengenai kepanitiaan Pilkades diwilayah Kabupaten Nias Selatan, bahkan ada 3 desa yang perwakilannya tidak mau mendaftar sebagai cakades saat panitia mengadakan pembukaan pendaftaran. Dalam waktu dekat akan kami panggil kembali. Mari kita duduk bersama mencari solusinya untuk mencapai penyelesaian permasalahan. Oleh karena itu saya minta kepada para pendemo agar dapat menguasai emosi jangan terjadi hal-hal yang tidak dinginkan berdasarkan aturan dan regulasi yang berlaku. Mari kita mengikutinya”. Ujarnya.

Baca Juga  Kapolres Nias Selatan Bagikan Sejumlah Paket Kepada Keluarga yang Kurang Mampu di Lolowau

Lebih lanjut, Kadis PMD, Alber Duha menjelaskan secara detail mengenai permasahan dan pelaksanaan pendaftaran cakades yang di adakan oleh para panitia pilkades, bahwa tahapan pelaksaan pilkades telah sesuai dengan aturan yang berlaku. Menyangkut masalah cakades An. Pendirian Laoli itu, saya tidak mau mengambil resiko. Tolong jangan mengklaim bahwa panitia bertindak dengan semaunya, mereka sudah melaksanakan tugasnya dengan benar” ungkap Albert.

Dihadapan sejumlah pejabat Pemkab serta Wakapolres Nias Selatan, Kompol Martin Luther Dachi, Kasi PMD bidang aparatur, dan LSM/PERS, massa yang bersikap tenang mengharapkan agar Pemerintah Kabupaten Nias Selatan bersikap tegas dan professional dalam penerapan aturan dan regulasi sesuai UU yang berlaku. Masyarakat siap menerima keputusan jika hal tersebut dilaksanakan secara tranparan. Dan jika tidak siap menempuh jalur hukum, massa mengancam akan boikot Pilkades Desa Bawoganowo dengan senang hati, yang dipantau oleh awak media.

Reporter : Aliran Duha.
Editor : A Jueni.

print

Iklan Ucapan Pelantikan Presiden RI PT IMIP Iklan Muba Pelantikan DPRD Muba Iklan Ucapan Pelantikan Presiden RI PT OTI EA Abadi Iklan HUT TNI ke-74 Morowali Iklan HUT TNI ke-74 Morowali Iklan HUT TNI Morowali Iklan Morowali

Berita Populer

To Top