Kalimantan Selatan

Gerindra Akan Berbesar Hati Membagi ‘Kekuasaan’

Terbit Tanggal 4 Oktober 2019 oleh iGlobalNews

MARTAPURA, IGLOBALNEWS.CO.ID – Senin (7/10/2019) bakal dilaksanakan paripurna DPRD Banjar untuk pelantikan dan penetapan pimpinan definitif DPRD Banjar masa bakti 2019–2024 di Gedung DPRD Banjar, Jl A Yani, Martapura.

Menurut Ketua Sementara DPRD Banjar M Rofiqi, Jumat (4/10/2019), secara kesepakatan bersama dari rapat-rapat sebelumnya, memang sudah diusulkan ke provinsi bahwa ketua adalah dirinya sendiri dari Gerindra, sedangkan para wakil ketua terdiri dari H Agus Maulana (Golkar), Ahmad Rizanie (Nasdem) serta Zacky Hafidzi (PPP).

Disinggung mengenaai alat-alat kelengkapan dewan (AKD), ia mengisyaratkan bahwa AKD akal segera tuntas juga begitu pimpinan definitif sudah dilantik. “Dalam hal ini, Gerindra berbesar hati tidak akan menguasai AKD, sehingga akan dibagi-bagi kepada parpol lainnya tentu dengan musyawarah,” tukasnya.

Sementara itu, Heru Pribadi dari PKB menerangkan bahwa sebulan terakhir memang telah dilakukan lobi-lobi politik terkait pembagian ‘kekuasaan’ atas AKD, baik itu untuk komisi-komisi, badan pembuatan perda (banleg), badan anggaran (banggar), badan kehormatan (BK).

“Langkah pendahuluan melalui lobi-lobi sudah dilakukan para politisi dengan bermusyawarah. Tentu seperti banmus, banggar unsur pimpinannya telah melekat unsur pimpinan definitif dewan. Masing-masing anggotanya tidak melebihi separuh dari keseluruhan anggota dewan. Mengenai penempatan orang-orangnya, tentu bagaimana kebijakan masing-masing fraksi,” jelas Ketua Fraksi Kebangkitan Demokrasi Indonesia, fraksi koalisi antara PKB dan PDIP.

Di DPRD Banjar sendiri telah terbentuk tujuh fraksi, yakni Fraksi Gerindra (8 kursi), Fraksi Golkar (8), Fraksi Nasdem (7), Fraksi PPP (5), Fraksi Demokrat (5), FraksiKebangkitan Demokrasi Indonesia (7), dan Fraksi koalisi PAN, PKS dan Hanura (5 kursi).

Penulis : Adi.
Editor : A Jueni.

print

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Facebook

To Top