Nias

Sekdes Desa Hilitobara Terima Gaji Double Karena Rangkap Jabatan

NISEL, IGLOBALNEWS.CO.ID – Sesuai undang-undang dan peraturan pemerintah bahwa ASN (Aparatur Sipil Negara) tidak dibenarkan menerima gaji dua mata anggaran, baik ASN pusat maupun di daerah, sebab dapat merugikan Negara dan masyarakat. Tetapi aneh di Kabupaten Nias Selatan, salah seorang ASN An. Yulius Wau menerima gaji dua mata Anggaran, yaitu dari APBN (Honor yang diterima dari Anggraran dana desa) dan APBD Nias Selatan (Gaji yang diterima selaku PNS).

Oknum Pj Kades Hilitobara, Emmanuel Wau, memberi penjelasan terkait masalah pemberian honor yang di terima oleh Yulius Wau, “Sejak tahun 2015 hingga 2017 oknum Sekretaris Desa Hilitobara selaku Pegawai Negiri Sipil, Yulius Wau, telah menerima honor dari anggaran desa sebesar Rp.700.000,- per bulan selama dua tahun dan mulai tahun 2018 honor sekdes tersebut diturunkan menjadi Rp.500.000,- per bulan. kemudian pada tahun 2019 honornya turun lagi menjadi Rp.250.000,- per bulan,” ungkapnya, pada 26 September 2019.

Kemudian pada tanggal 27 September 2019, oknum sekdes yang bersangkutan, Yulius Wau, mengakui kepada wartawan media ini dihadapan Camat Teluk Dalam bahwa dirinya sebagai ASN telah menerima honor dari desa Hilitobara selama 4 tahun berturut-turut sesuai hasil konfirmasi yang dilakukan wartawan media ini kepada oknum Pj Kades Hilitobara. Tetapi menurut Yulius Wau hal tersebut tidak masalah karena sudah ada perbupnya.

Beberapa tokoh di Desa Hilitobara yang merasa keberatan, menyampaikan pendapatnya kepada wartawan media, “Sekretaris Desa di Desa Hilitobara, Yulius Wau, telah melanggar aturan pemerintah. Seharusnya ia tidak boleh dabel menerima gaji dari pemerintah, yaitu Honor dari anggaran Desa dan gaji ASN dari Pemerintah Kabupaten Nias Selatan.” Ungkapnya. Oleh karena itu, sangat diharapkan kepada bapak Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha, untuk segera menegur dan melakukan tindak lanjut terhadap oknum ASN tersebut untuk mengembalikan honor yang telah diterima selama beberapa tahun.

Baca Juga  Terkait Longsornya Jembatan Sifaoroasi Gomo, Koramil -11/Gomo Melaksanakan Gotong Royong Bersama Warga

Penulis : Aliran Duha.
Editor : A Jueni.

print

Berita Populer

To Top