Leaderboard Iklan Muba Pelantikan Muba DPRD Iklan HUT TNI ke-74 Morowali
Berita Utama

Potensi Flu Burung Diawasi Ketat

MARTAPURA, IGLOBALNEWS.CO.ID – Tim kesehatan hewan dari Dinas Peternakan dan Perkebunan Banjar dimotori Kasi Kesehatan Hewan, Siti Fatonah melaksanakan vaksinasi Avian Influenza (AI) terhadap unggas/itik di Desa Pemangkih Darat Kecamatan Tatah Makmur, Minggu (8/9/2019) kemarin.

Menurut Fatonah, pelaksanaan vaksin AI ini guna mengurangi jumlah hewan yang peka terhadap infeksi dan mengurangi sheding virus atau virus yang dikeluarkan dari hewan tertular. “Sehingga mengurangi kontaminasi lingkungan,” Ungkapnya di sela kegiatan.

Dalam pelaksanaan vaksinasi, sambungnya, yang divaksinasi dipastikan bukan daerah tertular, atau baru terjadi kejadian kasus aktif HPAI.

“Kita juga memastikan unggas yang divaksin berada pada flok dan lingkungan sehat, unggas dalam keadaan sehat, jarum suntik harus diganti dan disucihamakan dalam alkohol 70 persen serta mencatat detail vaksinasi pada lembar registrasi,” Katanya.

AI yang sering dikenal penyakit flu burung, merupakan penyakit viral akut pada unggas yang disebabkan virus influenza type A subtipe H5 dan H7. Semua unggas dapat terserang virus influenza A, penyakit ini bersifat zoonosis dan angka kematian sangat tinggi karena dapat mencapai 100 persen.

“Virus influenza bisa menyerang pada burung-burung liar, itik, burung puyuh, babi, kucing, kuda, ayam petelur, ayam pedaging, ayam kampung,entok, angsa, kalkun, burung unta, burung merpati, burung merak putih, burung perkutut serta manusia,” Katanya.

Kasi Penyuluhan Gt M Haris Fadillah juga berharap pada penyuluhdi lapangan dapat memberikan informasi akurat tentang tingkat penyakit AI dan faktor-faktor penyebabnya guna pencegahan, pengendalian dan pemberantasan.

“Peningkatan kesadaran masyarakat, merupakan sosialisasi penyakit AI kepada masyarakat dan peternak. Sosialisasi dilakukan melalui penyuluhan, media elektronik, media massa maupun penyebaran brosur dan pemasangan spanduk, agar masyarakat tidak panik,” Tandasnya.

Baca Juga  Keributan Antara Taxi Online dan Konvensional

Kegiatan ini rutin dilaksanakan, terutama pada daerah-daerah, desa-desa yang populasi masyarakatnya banyak. Dia pun berharap peternak unggas lebih memperhatikan,
memperbaiki sanitasi kebersihan kandang dan pola pemeliharaan kearah yang baik.

“Sehingga ternak berkembang baik, produksi meningkat, pada akhirnya meningkatkan pendapatan peternak,” Pungkasnya.

Penulis: Adi Permana.
Editor: Dny.

print

Iklan Ucapan Pelantikan Presiden RI PT IMIP Iklan Muba Pelantikan DPRD Muba Iklan Ucapan Pelantikan Presiden RI PT OTI EA Abadi Iklan HUT TNI ke-74 Morowali Iklan HUT TNI ke-74 Morowali Iklan HUT TNI Morowali Iklan Morowali

Berita Populer

To Top