Leaderboard Iklan Muba Pelantikan Muba DPRD Iklan HUT TNI ke-74 Morowali
Sumatera Utara

IMA Tabagsel Berharap DPRD Madina yang Baru Dilantik Perjuangkan Beasiswa Mahasiswa

MEDAN, IGLOBALNEWS.CO.ID – Dewan Pengurus Pusat Ikatan Mahasiswa Tapanuli Bagian Selatan (IMA Tabagsel) berharap kepada anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mandailing Natal yang baru dilantik untuk periode 2019-2024 kembali memprioritaskan beasiswa mahasiswa miskin berprestasi.

“Kita berharap dan meminta kepada anggota DPRD Madina yang baru dilantik agar memperjuangkan nasib mahasiswa asal Madina. Melalui program kerja mereka supaya memprioritaskan beasiswa bagi mahasiswa miskin berprestasi,” pinta Ketua Umum DPP IMA Tabagsel, Wildan Lubis.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab V Pasal 12 (1.c) ungkap Wildan Lubis menyebutkan, bahwa setiap peserta didik pada satuan pendidikan berhak mendapatkan beasiswa bagi yang berprestasi yang orang tuanya tidak mampu membiayai pendidikannya.

Selain itu, katanya, dalam UU No 12 Tahun 2012 tentang pendidikan tinggi juga dipertegas. Di dalam pasal 76 juga jelas mengamanahkan tentang pemenuhan hak mahasiswa yaitu Pemerintah/Pemerintah Daerah dan perguruan tinggi berkewajiban memenuhi hak mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi untuk dapat menyelesaikan studinya sesuai dengan peraturan akademik dan dipertegas dalam pasal 76 ayat (2) pada poin A ialah memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi.

Ada 40 anggota DPRD Madina tidak mungkin semuanya tutup mata melihat nasib generasinya untuk pemenuhan hak pendidikan. “Kami yakin dan optimis terhadap anggota DPRD Madina yang baru dilantik akan mewujudkan harapan bagi calon mahasiswa dan mahasiswa yang sudah beberapa semester mengikuti studi pendidikan untuk terus lanjut,” Cetusnya.

Harapannya, Ketua DPRD Madina yang baru beserta komisi yang membidangi pendidikan, nantinya untuk sama sama mengajak Bupati Mandailing Natal agar menganggarkan kembali dana bantuan beasiswa ini di APBD. Semenjak dari tahun 2016 lalu kita tidak pernah lagi mendengar namanya beasiswa mahasiswa miskin berprestasi.

Baca Juga  Kasat Narkoba Tanjung Balai Berhasil Door Kaki Pria Pemilik Sabu Sabu

“Jangan pula anggota dewan yang baru ini nantinya membiarkan Bupati Madina lebih memprioritaskan taman dan tapian ketimbang nasib SDM Madina, terkhusus bidang pendidikan. Artinya, lebih diprioritaskan la pendidikan masyarakat Madina. Jika itu terjadi, maka kinerja anggota dewan perlu dievaluasi,” Cetus Wildan.

“Beberapa bulan yang lalu, kami dari DPP IMA Tabagsel sudah pernah menanyakan langsung kepada Kepala Dinas Pendidikan Madina mengenai nasib mahasiswa yang sangat membutuhkan beasiswa. Namun, Kadis hanya menjawab akan memperjuangkan kembali beasiswa ini dan menyampaikan kepada bupati atas usulan kami ini,” Ujarnya.

“Akan saya sampaikan terlebih dahulu ke bupati dan akan kita perjuangkan beasiswa tersebut,” Ujar Wildan menirukan ucapan Kadis.

Tutup Wildan, beasiswa untuk mahasiswa miskin berprestasi merupakan sinar harapan bagi generasi pelajar Madina ke depannya menyongsong masa depan yang gemilang. Oleh karena itu, anggota dewan Madina yang baru dilantik harus aktif memperjuangkan nasib mahasiswa miskin berprestasi.

Penulis: Lubis.
Editor: Dny.

print

Iklan Ucapan Pelantikan Presiden RI PT IMIP Iklan Muba Pelantikan DPRD Muba Iklan Ucapan Pelantikan Presiden RI PT OTI EA Abadi Iklan HUT TNI ke-74 Morowali Iklan HUT TNI ke-74 Morowali Iklan HUT TNI Morowali Iklan Morowali

Berita Populer

To Top