Leaderboard Iklan Muba Pelantikan Muba DPRD Iklan HUT TNI ke-74 Morowali
Tangerang

Dugaan Union Busting Pasca Ketua SBPR di Pecat Sepihak PT Eternal Cikupa di Demo

TANGERANG, IGLOBALNEWS.CO.ID – Aksi Demo karyawan PT Eternal di jalan Bhumi Mas1 Cikupa, Kabupaten Tangerang yang tergabung dalam SBPR (Serikat Buruh Perjuangan Reformasi) sejak tiga minggu kemarin tampak masih berlangsung, Senin (9/9/2019).

Demo berawal dari adanya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara sepihak Abul Rohim karyawan PT Eternal Cikupa yang juga menjabat sebagai Ketua PUK SBPR dengan alasan Efesiensi karyawan.

Perusahaan lalu meminta Abdul untuk membuat surat pengunduran diri. Namun Abdul mengatakan permintaan tersebut secara eksplisit merupakan suatu hal yang kontradiktif, sehingga patut dipertanyakan.

Hal itulah yang memicu solidaritas puluhan karyawan perusahaan yang tergabung di SBPR melakukan mogok kerja dan Aksi Demo.

Mereka menilai PHK sepihak yang dilakukan oleh Perusahaan terhadap Ketuanya merupakan tindakan pemberangusan terhadap Serikat pekerja atau Union Busting.

” Kami semua yang ikut Demo terancam dipecat juga,” ujar Didik salah satu karyawan yang ikut Demo. Dalam tuntutanya puluhan karyawan tersebut meminta kepada perusahaan agar mereka dan Ketuanya dipekerjakan kembali, apa bila di PHK wajib diberikan pesangon yang sesuai dengan Peraturan yang berlaku.

“Kami hanya ditawarkan Uang kerohiman 3 bulan gaji,” lanjut Didik yang sudah 8 tahun bekerja dan telah menjadi karyawan tetap.

Sementara itu Ketua SBPR mengatakan sangat menyayangkan tindakan owner perusahaan yang tidak mau menemui mereka.

“Kami menuntut untuk ditemui dengan pemilik perusahaan namun yang menjumpai kami hanya bagian HRD di mediasi bipartit minggu lalu tetapi menemui jalan Buntu,” terang abdul.

“Kami sudah melayangkan surat ke Dinas Tenaga kerja Kabupaten Tangerang namun blum mendapat jawaban,” pungkasnya.

Aparat Kepolisian dan TNI tampak berjaga jaga di lokasi meskipun suasana kondusif.

Sampai berita ini diturunkan pihak perusahaan dan HRD belum bisa dikonfirmasi dengan alasan sedang rapat.

Baca Juga  Operasi Nila Jaya 2018 Polisi Amankan Pengunjung Famous Karaoke

Untuk informasi tambahan Dikutip dari laman situs Serikat Pekerja Nasional. Union busting adalah suatu praktek yang dilakukan oleh perusahaan atau pengusaha yang berupaya untuk menghentikan aktivitas serikat pekerja/serikat buruh di perusahaan.

Upaya yang dilakukan memiliki bentuk yang bervariasi dengan menggunakan berbagai cara dan alasan. Pada saat ini union busting cenderung meningkat karena ada pembiaran yang dilakukan oleh pejabat dan atau instansi terkait yang seharusnya menjaga dan mengawasi pelaksanaan hak berserikat bagi pekerja/buruh sebagaimana telah dijamin dan diatur oleh Undang-Undang baik itu UUD 1945 maupun UU turunannya seperti UU No 21 Tahun 2000 tentang serikat pekerja/serikat buruh.

Penulis : Jfr.
Editor : A Jueni.

print

Iklan Ucapan Pelantikan Presiden RI PT IMIP Iklan Muba Pelantikan DPRD Muba Iklan Ucapan Pelantikan Presiden RI PT OTI EA Abadi Iklan HUT TNI ke-74 Morowali Iklan HUT TNI ke-74 Morowali Iklan HUT TNI Morowali Iklan Morowali

Berita Populer

To Top