Leaderboard Iklan Muba Pelantikan Muba DPRD Iklan HUT TNI ke-74 Morowali
Bandung

Dinkes Muba Sharing Program Layanan PSC di Kota Bandung

BANDUNG, IGLOBALNEWS.CO.ID – Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan kedaruratan khususnya dalam mempercepat waktu penanganan terhadap korban atau pasien kegawatdaruratan. Dinas Kesehatan berencana akan membentuk “Public Safety Centre” atau Pusat Pelayanan Keselamatan Terpadu.

Guna mematangkan rencana dimaksud, Dinas Kesehatan Muba didampingi Komisi IV DPRD Muba, Bappeda dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) mengunjungi Public Safety Centre (PSC) yang dikelola Dinas Kesehatan Kota Bandung, rabu siang (7/8) dan Bandung Command Centre yang dikelola Dinkominfo Kota Bandung, kamis pagi (8/8) dalam rangka sharing program layanan PSC.

“Maksud dari kunjungan ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi Dinas Kesehatan Kota Bandung dalam membentuk dan mengelola PSC. Data dan Informasi yang kami dapatkan akan menjadi referensi dalam pembentukan PSC di Muba. Nantinya dengan adanya Layanan PSC, masyarakat akan mendapatkan Layanan Kegawatdaruratan dari Dinas Kesehatan yang beroperasi selama 24 Jam,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Muba, Azmi Dariusmansyah.

Ditambahkan oleh Azmi, Dinasnya akan menyiapkan segala hal berkaitan dengan Pembentukan PSC. Mulai dari keorganisasiannya, sarana prasarana, sumber daya manusia, ambulans PSC dan menyiapkan RSUD dan Puskesmas yang ada sebagai jejaring penanganan kegawatdaruratan serta pelibatan masyarakat dan mitra kolaborasi PSC. Sehingga diharapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama Layanan ini segera dapat dioperasikan di tahun 2019 ini.

Sementara itu, Kepala Dinkominfo Muba Herryandi Sinulingga yang diwakili Sekretaris Dinkominfo Muba, Dicky Meiriando, mengatakan bahwa Layanan PSC yang akan dibentuk Dinas Kesehatan Muba direncanakan akan diintegrasikan dengan Layanan Muba Siaga 112.

“Kami sangat mendukung dengan adanya rencana pembentukan PSC yang digagas oleh Dinas Kesehatan Muba. Tentu keberadaannya akan lebih mengoptimalkan Layanan Muba Siaga 112 yang telah berjalan selama ini, khususnya dalam melayani penanganan situasi kedaruratan terkait kesehatan,” ujar Dicky.

Baca Juga  Anang Siap Perjuangkan Aspirasi Masyarakat

Ketua Komisi IV DPRD Muba, Iwan Aldes, yang turut hadir dalam kunjungan itu menilai keberadaan PSC sangat diperlukan bagi masyarakat Muba dalam memberikan layanan kesehatan yang cepat dan tepat.

“Ini gagasan yang bagus, saya berharap Dinas Kesehatan Muba segera membentuk PSC dan segera layanannya dapat beroperasi dan berkolaborasi dengan Layanan Muba Siaga 112. Kami Komisi IV DPRD Muba selaku mitra Dinas Kesehatan Muba akan mendorong agar adanya dukungan anggaran baik bersumber dari APBD maupun dari Program CSR dari Perusahaan,” ujar Iwan.

Dalam kunjungan ke PSC Kota Bandung tersebut Rombongan Pemkab Muba diterima oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Pusat Pelayanan Keselamatan Terpadu Dinas Kesehatan Kota Bandung, Hendi Rustandi. Setelah mendapatkan paparan mengenai PSC oleh Kasubag TU Eka Anugerah, dilanjutkan diskusi dan melihat operasional layanan PSC serta Sarana Prasarana pendukung PSC.

Sedangkan di Bandung Command Centre, rombongan diterima oleh Sekretaris Dinkominfo Kota Bandung, Dicky Wishnumulya, dan mendapatkan penjelasan dan pelaksanaan Layanan Bandung Siaga 112 yang terintegrasi dengan Layanan PSC yang dikelola Dinas Kesehatan Kota Bandung.

Penulis : Hms/Rahmadi.
Editor    : A Jueni.

print

Iklan Ucapan Pelantikan Presiden RI PT IMIP Iklan Muba Pelantikan DPRD Muba Iklan Ucapan Pelantikan Presiden RI PT OTI EA Abadi Iklan HUT TNI ke-74 Morowali Iklan HUT TNI ke-74 Morowali Iklan HUT TNI Morowali Iklan Morowali

Berita Populer

To Top