Leaderboard Iklan Muba Pelantikan Muba DPRD Iklan HUT TNI ke-74 Morowali
medan

Terkait Dugaan Korupsi Dinas Perkim Sumut, Inspektorat Terkesan Berkonspirasi

MEDAN, IGLOBALNEWS.CO.ID – Lambatnya kinerja Inspektorat Sumut dalam menindaklanjuti surat dari Polres Tapteng tentang penyalahgunaan Anggaran Dana kegiatan APBD Pemerintah Provinsi Sumut. Dalam hal ini, Dinas Perumahan dan Pemukiman Sumut pada kegiatan penataan dan peningkatan kualitas kawasan pemukiman kumuh di Kabupaten Tapteng tahun 2018. Kamis (12/07/2019).

Surat tersebut berperihal meneruskan pengaduan masyarakat (Dumas) dengan nomor : R/158/III/RES.3.5/2019/Reskrim ditujukan kepada Gubernur Sumatera Utara dan ditembuskan kepada Inspektorat Sumut diterima tanggal 27-03-2019 dengan code 337/2909. Adapun surat dimaksud untuk keperluan penyelidikan.

Ironisnya, hingga kini belum ada klarifikasi atau jawaban dari Inspektorat Sumut. Hal ini sangat aneh dan terkesan adanya konspirasi untuk menutup-nutupi kasus tersebut.

Gimana tidak, proyek dengan anggaran Rp 2.689.900.000 yang dikerjakan oleh PT. Rizky Atma Mulia, menurut Unit III Tipikor Polres Tapteng diperkirakan dapat merugikan keuangan negara sebesar Rp 450 juta.

Menanggapi hal dimaksud, Inspektorat Bagian Khusus (Irbansus), Maju Siregar melalui via WhattShap kepada awak media iglobalnews.co.id mengatakan thanks atas perhatiannya.

“Saya tidak berkompeten untuk menjawab itu pak, mohon maklum. Saya ada diluar kantor pak,” ujarnya menghindar.

Saat ditanya, siapa yang berkompeten untuk menjawabnya, seperti diketahui Maju Siregar merupakan komandan di irbansus Inspektorat Sumut. “Kalau ada mau ditanya, mohon maaf harus izin pak inspektur ya pak, thanks,” tandas Maju.

Sudah berulangkali saya konfirmasi Plt. Kepala Inspektorat melalui seluler dan sms, namun tidak pernah ditanggapin. Begitu juga saat di chatting via WhattShap juga tidak dibalas. Selain itu, berulangkali juga awak media mencoba konfirmasi langsung ke kantornya di Dinas Pendidikan Sumut maupun Inspektorat Sumut tidak pernah jumpa.

“Oh, mungkin faktor kesibukan pak. Maklum faktor sibuk melayani masyarakat juga pak, thanks”, kata Maju

Baca Juga  Gubernur Edy Minta Dibuat SOP Penanganan Bencana dan Sispam Kota

Dikatakannya, sekedar info pak. Laporan pemeriksaan APIP dilaporkan ke Gubernur ya pak. Selanjutnya, hasil akan disampaikan ke Polres untuk meminta tindaklanjut pemeriksaan, gitu pak.

Lalu, kenapa hingga saat ini belum juga disampaikan ke Polres. “Masih dalam proses ya pak. Oh, keterbatasan kwantitas SDM ya pak, thanks”, ungkapnya gugup.

Informasinya, pihak Dinas Perkim yang terkait dalam proyek tersebut sudah diperiksa oleh Inspektorat, apa benar dan apa rekomendasinya. “Itulah sudah dalam proses, thanks dulu ya pak. Harus dari Inspektur izin menjawab pak”, ujarnya seperti menutup-nutupi.

*** Baca Juga : Terindikasi Kerugian Negara, Polres Tapteng Surati Inspektorat.

Sebelumnya, pada tanggal 17 Mei dan 22 Mei 2019 iGlobalNews.co.id sudah mengkonfirmasi kasus dimaksud kepada Plt. Kepala Inspektorat Sumut , Arsyad Lubis. Namun, hingga berita ini diterbitkan tidak juga ada tanggapannya.

Kanit III Unit Tipikor Polres Tapteng , Ipda Jim Hutajulu mengatakan, saya sudah pindah tugas ke Polres Siantar pak. “Sudah sebulan yang lalu saya pindah tugas. Terakhir saya di Polres Tapteng, belum ada juga balasan surat kita dari Inspektorat Sumut,” ungkapnya.

Penulis : Lubis.
Editor : A Jueni.

print

Iklan Ucapan Pelantikan Presiden RI PT IMIP Iklan Muba Pelantikan DPRD Muba Iklan Ucapan Pelantikan Presiden RI PT OTI EA Abadi Iklan HUT TNI ke-74 Morowali Iklan HUT TNI ke-74 Morowali Iklan HUT TNI Morowali Iklan Morowali

Berita Populer

To Top