Leaderboard Iklan Bupati Muba Cup Prix 2019 Iklan HUT RI Dinas Bina Marga
Hukum

Program Tabur Kejagung RI Tangkap Buronan ke 92

JAKARTA, IGLOBALNEWS.CO.ID – Tim Intelijen Kejaksaan Agung (Kejagung) RI bersama Intelijen Kejaksaan Tinggi (Kejati) Nusa Tenggara Barat (NTB) berhasil menangkap kembali Nanang Fauzi buronan terpidana kasus penipuan Bilyet Giro (BG) senilai Rp 400 juta dari tempat persembunyiannya di sebuah Apotek di Mataram, Kamis (11/7/2019).

Nanang Fauzi merupakan buronan Kejaksaan Agung RI ke- 92 yang berhasil ditangkap kembali, sebagai wujud program Tabur (tangkap buronan) 2019, yang menekankan setiap Kejaksaan Tinggi diseluruh Indonesia – menangkap kembali buronan-buronan yang melarikan diri atau lari dari tanggungjawab menjalani hukumannya – minimal satu orang setiap bulannya.

Seperti dipaparkan oleh Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung (Ka Puspenkum Kejagung) RI Dr. Mukri SH,MH dalam keterangan persnya, “Nanang Fauzi terjerat pidana pemalsuan dengan dakwaan alternatif yaitu pasal 263 ayat (1) KUHP, dan pasal 263 ayat (2) KUHP. Pengadilan Negeri tingkat pertama memvonis terpidana satu tahun penjara, lebih ringan dari tuntutan JPU yang menuntut terdakwa dua tahun penjara,” papar Mukri.

Dilanjutkan Mukri, Nanang Fauzi mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi (PT), dimana putusan PT menguatkan putusan pengadilan tingkat pertama.

Terpidana Nanang, yang tetap tidak terima atas putusan banding di PT, melanjutkan upaya hukum ke tingkat Kasasi, yang mana berdasarkan putusan Mahkamah Agung (MA) RI Nomor. 95/PID/2016 tanggal 21 Desember 2016 menyatakan terpidana tetap terbukti bersalah dengan hukuman penjara satu tahun penjara, yang memicu terpidana menjadi buronan.

“Selanjutnya terpidana yang telah ditangkap kembali itu langsung dibawa dan menuju Rutan Kelas I Mataram untuk menjalani masa huklumannya”Imbuh Ka Puspenkum Kejagung RI, Dr. Mukri.

Penulis : Richard Aritonang.
Editor : A Jueni.

print

Iklan Bupati Muba Cup Prix 2019 Iklan HUT RI Pemkab Morowali Iklan HUT RI Organda

Berita Populer

To Top