Leaderboard Iklan Bupati Muba Cup Prix 2019 Iklan HUT RI Dinas Bina Marga
Jakarta

Masih Marak, Bangunan Menyalahi Aturan Perizinan di Jaktim

JAKARTA, IGLOBALNEWS.CO.ID – Terkait maraknya bangunan menyalahi izin, Wali Kota Jakarta Timur, M. Anwar pernah menegaskan akan melakukan tindakan tegas terhadap bangunan-bangunan di wilayahnya yang menyalahi aturan, sesuai instruksi Gubernur DKI Jakarta.

Seperti dikutip dari salah satu media cetak, Anwar mempersilakan unsur masyarakat untuk melaporkan setiap temuan-temuan pembangunan yang menyalahi aturan maupun ketentuan perizinan.

“Silahkan laporkan jika ada penyimpangan, nanti kami akan tindak sesuai ketentuan yang berlaku jika terbukti melanggar,” Tegas M. Anwar ketika itu.

Kenyataan di lapangan, dinilai belum selaras karena kegiatan membangun dengan ‘kamuflase’ terhadap ketentuan aturan masih tetap terjadi, bahkan secara skeptis, memberi waktu kepada para pelanggar ketentuan, mengebut penyelesaian pembangunan demi menutup kegaduhan di kalangan elemen masyarakat dan pemerhati tata ruang lainnya.

Hal itu dikemukakan oleh pengamat pembangunan, Ir Martua Harianja kepada iglobalnews baru-baru ini. Msartua menandaskan, beberapa bangunan bermasalah terkait perizinan, masih tetap bekerja merampungkan pelanggaran yang ada tanpa tindakan apapun baik instruksi wali kota, penyegelan bangunan oleh suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan yang lazim disebut Citata, pembongkaran.

“Bangunan kantor dan fasilitasnya lima lantai plus Basement di Jl. Raya Bekasi Timur Jatinegara Pulo Gadung dengan izin nomor. 2539/8.1.0/31.75.00.000/-1.785.5/2017, diduga melebihi KDB dan tidak memiliki KDH serta kurangnya jarak bebas belakang, sudah rampung. Juga penambahan Bangunan Mal Buaran di Duren Sawit yang sarat dengan pelanggaran aturan, masih sedang dikerjakan,” Beber Martua.

Martua juga menunjuk beberapa bangunan komersil di Jakarta Timur yang terduga menyalahi ketentuan aturan perizinan yang dinilainya muncul satu persatu.

Di tengah gencarnya upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meningkatkan pundi PAD dari sektor potensi ruang kota, justru menyembulkan megahnya bengunan menyalahi izin secara oprtunis.

Baca Juga  Yoseph Hutabarat Hadiri Pelantikan IMO Riau

Penulis: Richard Aritonang.
Editor: A Jueni.

print

Iklan Bupati Muba Cup Prix 2019 Iklan HUT RI Pemkab Morowali Iklan HUT RI Organda

Berita Populer

To Top