Berita Utama

Empat Tersangka Kasus Korupsi Tugu Tapal Batas Ditahan Jaksa

SUMSEL, IGLOBALNEWS.CO.ID – Kejaksaan Negeri Palembang langsung melakukan penahanan terhadap empat tersangka kasus dugaan korupsi pembangunan tapal batas Kota Palembang dengan Kabupaten Banyuasin di Jalan Gubernur H Bastari, Jakabaring.

Keempat tersangka tersebut yakni; Kasi Tata Bangunan Dinas PUCK Palembang berinisial KH, dua orang Kontraktor berinisial AT dan MIT serta AS, selaku konsultan pengawas.

Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Palembang, Andi Andri Utama melalui Kasubsi Penuntutan Hendy Tanjung membenarkan bahwa pihaknya telah menerima pelimpahan berkas dan tersangka dari pentidik Polresta Palembang.

“Benar kita telah menerima pelimpahan perkara dugaan tidak pidana korupsi pembangunan tugu batas kota,” Ujar Handy, Rabu (17/07/2019).

Handy menjelaskan, perkara pembangunan tugu batas ini telah bergulir sejak tahun 2013. “Untuk selanjutnya kita akan segera limpahkan berkas ini ke Pengadilan untuk disidangkan dan untuk sementara keempat tersangka kita lakukan penahanan,” Terangnya.

Pembangunan tugu tapal batas ini terindikasi menyimpang karena diduga terdapat kekurangan volume dalam pengerjaannya sehingga negara mengalami kerugian sebesar Rp505 juta.

“Sebetulnya ada empat perkara dugaan korupsi terkait pembangunan tugu perbatasan yang dilakukan penyidikan, tapi lainnya masih terkendala audit kerugian negara,” Tandasnya.

Di samping itu, dirinya menyebut bahwa atas perbuatannya masing-masing tersangka akan dijerat dengan Pasal 2, 3 dan Pasal 9 UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

Dalam kasus ini, berdasarkan hasil penyelidikan aparat kepolisian diduga tersangka melakukan mark-up harga dan ukuran dalam pembangunan tugu tersebut hingga terdapat perbedaan dengan RAP.

Jadi ini sebagai contoh untuk para kontraktor dan para konsultan bahwa jangan main-main jika menggunakan uang negara maka akan berakibat fatal.

Penulis: Edi Pirang.
Editor: Dny.

print

Berita Populer

To Top