Kalimantan Selatan

Desa Keladan Baru Sebagai Binaan Bidang Kesehatan

on

MARTAPURA, IGLOBALNEWS.CO.ID – Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin menjadikan Desa Keladan Baru Kecamatan Gambut sebagai desa binaan di bidang kesehatan. Penandatanganan kerjasama antara Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran ULM dengan Desa Keladan Baru dilakukan pada Sabtu (06/07/2019) di halaman Kantor Desa Keladan Baru.

Pihak Program Studi Pendidikan Dokter dan Himpunan Mahasiswa (HIMA) Fakultas Kedokteran ULM diwakili oleh Ketua Program Studi dr Lena Rosada, sedangkan Desa Keladan Baru diwakili oleh Penjabat Kepala Desa Keladan Baru, Hairudin, serta disaksikan oleh Wakil Dekan III FK ULM dr Edyson, Bidan Desa Keladan Baru Siti Zifrotin AMD, BPD, perangkat desa, kader, mahasiswa dan masyarakat Desa Keladan Baru.

Kerjasama pembinaan selanjutnya disebut sebagai gerakan Satukan Aksi, Sehat Mulai dari Sekarang Hingga Nanti atau disingkat Sasirangan. Pihak Fakultas Kedokteran ULM melakukan pembinaan bidang kesehatan desa selama kurun waktu dua tahun.

Harapannya adanya pembinaan selama dua tahun oleh Program Study Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran ULM, maka Desa Keladan Baru bisa berkembang dalam edukasi dan terkontrol bidang kesehatan. Masyarakat juga lebih memahami dan melaksanakan pola hidup sehat.

“Kerjasama pembinaan desa ini merupakan bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat dari Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin,” jelas Ketua Himpunan Mahasiswa PSPD FK ULM, Ahmad Danial.

Usai penandatanganan kesepakatan desa binaan, kegiatan dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan seputar penyakit hipertensi dan peningkatan kewaspadaan dini terhadap bahaya asap kebakaran lahan, disampaikan oleh dr Djalalludin MKes PsPD KKV dan dr Nurul Hidayah MSc SpA. Selain itu juga juga dilakukan pemeriksaan dan konsultasi kesehatan, secara gratis.

Penulis : Adi.
Editor : A Jueni.

print

About iGlobalNews

Recommended for you