NTB

BNPB Lotim Imbau Masyarakat Tetap Tenang dan Waspada Terhadap Isu yang Meresahkan

on

LOMBOK TIMUR, IGLOBALNEWS.CO.ID – Belum pulih trauma warga Lombok terhadap guncangan gempa bulan Agustus 2018 lalu yang menelan korban jiwa di pulau yang dijuluki Seribu Mesjid.

Kini, kembali isu gempa dari berbagai sumber di antaranya dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan beberapa peneliti dari luar negeri.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Lombok Timur melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, Lalu Rusnan saat ditemui wartawan iGlobalNews di ruang kerjanya, Senin (15/7/2019) menjelaskan terkait tentang isu gempa dari BMKG maupun dari para ahli merupakan prediksi terhadap adanya potensi itu bisa di mana saja.

“Meskipun tidak bisa kita pungkiri adanya patahan dan lempengan yang berada di dasar laut maupun di darat yang perlu diwaspadai di Provinsi NTB ini,” Paparnya.

Hingga saat ini, lanjut Lalu Rusnan, tidak ada alat secanggih apapun yang mengetahui dan memastikan kapan pastinya akan terjadi gempa tersebut.

Hingga saat ini pihaknya sangat gencar sosialisasi, khususnya lembaga pendidikan terhadap penyelamatan diri ketika terjadi gempa. Salah satunya bagaimana para siswa keluar menyelamatkan diri dari gedung ketika gempa terjadi yakni menjauhi bangunan atau tembok serta melindungi kepala dengan alat seadanya atau berlindung di bawah meja, kursi atau kolong tempat tidur, seperti yang telah disosialisakan di beberapa Lembaga Pendidikan diantaranya Madrasah Aliyah NW Pancor baru-baru ini.

“Kami mengimbau semua masyarakat Lombok Timur untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh isu yang meresahkan dengan tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana tersebut,” Tandasnya.

Reporter: Jon.
Editor: Dny.

print

About Media iGlobalNews

Media online iGlobalNews adalah media informasi dan inspirasi. Media iGlobalNews mengabarkan berita secara cepat, tepat, terpercaya dan memberikan sajian secara aktual, tajam dan kredibel.

Recommended for you