NTB

Bakti-Mampu NTB Gelar Konsultasi Publik Raperdes Perlindungan Perempuan dan Anak di Labuhan Haji

LOMBOK TIMUR, IGLOBALNEWS.CO.ID – Maraknya kekerasan terhadap perempuan dan anak di wilayah hukum Lombok Timur dan Desa Labuhan Haji akhir-akhir ini memacu banyak pihak, khususnya Desa Labuhan Haji untuk membentuk Rancangan Peraturan Desa (Raperdes) bersama para Srikandi Pegiat Perlindungan Perempuan dan Anak, Yayasan Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (Bakti) melalui program Maju Perempuan Indonesia untuk Penanggulangan Kemiskinan(Mampu) NTB.

Kepala Desa Labuhan Haji, Pahminuddin saat dikonfirmasi iglobalnews, Senin (22/07/2019) menegaskan karena begitu maraknya kasus terhadap perempuan dan anak, baik berbentuk pelecehan, intimidasi, pernikahan di usia dini dan berbagai bentuk pelanggaran.

“Maka dari itu kita butuh payung hukum yang bisa mengikat semua, karena selama belum ada Perdesnya, kita belum berani mengambil sikap” Tuturnya.

Hal senada disampaikan Ketua Badan Perwakilan Desa (BPD) Labuhan Haji, Muhdar Usman, begitu pentingnya Perdes tersebut sebagai kontrol dan bentuk kepedulian desa sehingga akan meminimalisir segala bentuk kejahatan.

Sementara itu, Koordinator Program Yayasan Bakti NTB, Baiq Titis Yulianty selaku punggawa dari Yayasan Bakti NTB, dalam pidatonya menyampaikan keperihatinannya terhadap masalah kekerasan yang menimpa perempuan dan anak yang begitu kompleks di Gumi Patuh Karya, khususnya Desa Labuhan Haji sehingga sangat dipandang perlu untuk membuat rancangan Peraturan Desa tersebut.

“Terlebih lagi keanekaragaman masyarakat yang mendiami Desa Labuhan Haji sebagai daerah wisata mengakibatkan tingkat kerawanan kekerasan terhadap perempuan dan anak, trafficking, miras narkotika dan pergaulan bebas di bawah umur yang memerlukan perhatian serius dari banyak pihak,” Ucap pentolan Yayasan Bakti ini.

“Perlu ada satu pedoman satu dasar dalam melakukan perlindungan perempuan dan anak untuk mencapai masyarakat yang setara adil dan makmur,” Tandasnya.

Baca Juga  KPU Lotim Gelar Publikasi Hasil Dokumentasi Laporan Pilkada 2018 dan Pelaksanaan Pemilu 2019

Reporter: Jon.
Editor: Dny.

print

Berita Populer

To Top