Leaderboard Iklan Pekan Daerah KTNA XIII Muba
Sulawesi Tengah

Warga Tuding PT Bintang Delapan Mineral Penyebab Banjir Bandang

MOROWALI, IGLOBALNEWS.CO.ID -Warga terdampak banjir bandang melayangkan tudingan yang tertuju kepada PT. Bintang Delapan Mineral sebagai sumber penyebab terjadinya banjir bandang yang menerpa Desa Dampala, Desa Lele dan Desa Siumbatu, Kecamatan Bahodopi pada pekan kedua Juni 2019.

Atas tudingan tersebut, unsur Pemerintah Kecamatan Bahodopi beserta masyarakat perwakilan pemerintah desa terdampak banjir bandang melakukan penelusuran ke area pertambangan PT Bintang Delapan Mineral (BDM). Hal ini guna memastikan sumber penyebab banjir bandang yang menerpa tiga desa di Kecamatan Bahodopi tersebut.

Camat Bahodopi, Jalaludin Ismail mengatakan, “Selama ini asumsi masyarakat tertuju kepada PT. BDM. Agar tidak menjadi bias, maka hari ini tim dari desa terdampak banjir bandang yakni Desa Dampala dan Desa Lele melakukan penelusuran di area penambangan PT BDM.”

“Kami bersama masyarakat yang tahu persis area ini melakukan penelusuran dan ternyata masih jauh apa yang kita sangkakan PT BDM selama ini,” Ujarnya.

“Dampak banjir mungkin saja dari pihak lain, namun setelah kita melakukan penelusuran di titik yang dikhawatirkan adanya ulah penambangan di beberapa kesmen area PT BDM. Kita tidak menemukan hal-hal yang diduga penyebab banjir,” Ungkap Camat Bahodopi kepada media ini di lokasi PT BDM, Sabtu (22/6/2019).

Sementara itu di tempat yang sama, Environmental Supervisor PT BDM, Forsen mengatakan, “Kalau orang berasumsi tidak bisa juga disalahkan, olehnya kunjungan dari pemerintah dan masyarakat terdampak banjir ini sangat positif bagi PT BDM.”

“Kami dari pihak PT BDM memperlihatkan semua kesmen area penambangan dan tidak ada yang ditutupi,” Tuturnya.

“Ini sudah pemerintah dan masyarakat yang melihat sendiri kondisi di lapangan,” Tambahnya.

“Tidak perlu lagi dijelaskan, ini sudah jelas dan terjawab dengan sendirinya dengan fakta di lapangan. Jadi, tidak ada potensi mengarah ke sana,” Tambahnya.

Baca Juga  Koalisi Sejahtera Bersama Deklarasikan Pasangan Cabup dan Cawabup Morowali Taslim - H. Najamudin

“Kesmen area PT BDM lebih banyak mengarah ke Sungai Bahodopi dan tadi kita sudah melihat penaatan blok delapan dan blok empat,” Ungkap Forsen.

“Itu berdasarkan Surat keputusan (SK ) Dinas Lingkungan Hidup terkait penaatan titik kordinat pembuangan air di area PT BDM,” Ujarnya.

“Kalau berdasarkan peta, blok delapan yang terdekat dengan Desa Dampala. Namun, kita semua menyaksikan sendiri kondisinya di sana,” Tutur Forsen.

“Kunjungan ini sangat positif sekali bagi PT BDM dan kami bersyukur dengan adanya kunjungan dari pemerintah dan masyarakat terdampak banjir bahwa telah menyaksikan dengan sendirinya. Tidak ada sama sekali area PT BDM memberikan dampak terhadap banjir bandang yang menerpa tiga desa di Kecamatan Bahodopi,” Tandas Forsen.

Penelusuran lokasi penambangan PT BDM dari tim Desa Dampala dan Desa Lele melibatkan masyarakat kedua desa tersebut, Kepala Desa Lele serta Camat Bahodopi beserta staf dan anggota Polsek Bahodopi.

Peliput: Abd Rahman Tanra.
Editor: Dny.

print

Iklan Pekan Daerah KTNA XIII Muba

Berita Populer

To Top