Kalimantan Selatan

Wabup Hadiri Haul ke-213 Datu Kalampayan

on


MARTAPURA, IGLOBALNEWS.CO.ID – Wabup Banjar H Saidi Mansyur bersama ribuan jemaah menghadiri Haul ke-213 Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari atau Datu Kalampayan yang dipusatkan di Mesjid Tukhfaturraghibin Desa Dalam Pagar Kecamatan Martapura Timur, Senin (10/6/2019).

Saidi dengan takzim bersama para pejabat dan tokoh seperti Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Sultan Banjar Sultan Kahirul Saleh, Syaifullah Tamliha, H Rudy Ariffin, para habaib, alim ulama dan lain-lain, mengikuti acara haul dengan khidmat.

Sejak pagi di tengah suhu yang sejuk, ribuan jemaah berdatangan baik dari dalam kota maupun luar kota menuju pusat haul. Tak sedikit yang datang melalui jalur Sungai Martapura, karena lokasi acara memang tak jauh dari tepi Sungai Martapura. Bahkan, Gubernur Kalsel pun melalui jalur sungai.

Haul pengarang kitab Sabilal Muhtadin ini memang sejak tahun lalu dibanjiri ribuan jemaah. Ruan jalan di depan mesjid, semua gang dalam desa juga dipenuhi jemaah, belum lagi yang mengikuti haul dari dalam rumah warga. Guna memudahkan jemaah mengikuti prosesi haul, acara dapat diikuti melalui siaran tv yang disiarkan Al Karomah TV secara live streaming, sehingga jemaah juga bisa menyaksikan baik di dalam rumah maupun layar lebar di sejumlah titik.

Sahbirin dalam sambutannya mengatakan, acara haul adalah sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan jemaah kepada Datu Kalampayan yang memiliki jasa yang banyak dalam menyebarkan ilmu agama. “Semoga dengan menghargai jasa-jasa para ulama kita, keberkahan Allah akan selalu menyertai kita semua,” harap Paman Birin.

Selain itu, haul juga bisa menjadi momen berharga bagi kaum muslimin untuk saling bersilaturahmi dan untuk saling bermaaf-maafan, mengingat acara haul masih dalam suasana bulan Syawal, beberapa hari selepas hari pertama Lebaran Idul Fitri.

Baca Juga  Kejari Banjar Panggil Para Pejabat Diskominfo

Acara juga dirangkai dengan maulid Habsy, kemudian pembacaan sejarah singkat perjuangan Datu Kalampayan, dan ditutup dengan membaca Yasin, dan tahlil yang dipimpin oleh KH Wildan Salman. Bupati Banjar H Khalilurrahman kebetulan tak bisa menghadiri acara, karena dalam waktu bersamaan berangkat ke Tanah Suci untuk ibadah umrah.

Penulis : Adi.
Editor : AJ.

print

About iGlobalNews

Recommended for you