Leaderboard Iklan Pekan Daerah KTNA XIII Muba
Papua

Usai Lakukan Manipulasi Data Caleg DPRD Yapen Ketua KPU Dikabarkan Menghilang

PAPUA, IGLOBALNEWS.CO.ID – Meskipun tahapan pleno tingkat Kabupaten dan Provinsi telah usai namun rupanya masih banyak meniggalkan permasalahan yang di lakukan komisoner KPU Kabupaten salah satunya yang terjadi di Kabupaten Kepulauan Yapen.

Di mana Forum Komunikasi Lintas Partai Kepauan Yapen beserta puluhan masyarakat mendatangi kantir Komisi Pemilihan Umum(KPU)Yaoen guna mencari dan memintao pertangung jawaban ketua KPU Kepulauan Yapen Moris Muabuai yang di kabarkan menghilang usai melakukan manipulasi data suara untuk Calon Legislatif tingkat Daerah (DPRD) Yapen, Sabtu, (01/06/2019)

Massa aksi yang di pimpin oleh Benyamin Wayangkau mengatakan aksi demo yang di lakukan merupakan bentuk kekecewaan warga yang telah memberikan hak suara mereka, namun suara mereka di manipulasi oleh ketua KPU.

“Untuk itu kehadiran kami sebagai warga yang merasa hak kami telah di curi dan di gunakan seenaknya oleh ketua KPU, maka kami menginginkan kehadiran ketua KPU di sini dan mengembalikan suara kami yang telah kami berikan kepada partai yang telah kami pilih,” katanya dalam orasi demo damai.

Selain itu warga dari masing masing perwakilan partai juga menyampaikan aspirasinya yang di sampaikan yakni meminta kepada Bawaslu dan KPU Provinsi untuk segera menonaktifkan ketua KPU Yapen Moris Muabuai dari jabatanya bersama komisioner KPU yakni Awal Rachmady guna menjaga marwah kelembangaan
KPU,

Dan selanjutnya Ketua KPU dan Awal Rahmady harus di periksa dan di panggil untuk segera mempertangung jawabkan perbuatanya dan harus mengembalikan suara partai poliik untuk tingkat Daerah seperti semula pada saat hasil pleno pada 9 Mei 2019.

Photo massa aksi demo di kantor KPU Kepulauan Yapen.

Photo massa aksi demo di kantor KPU Kepulauan Yapen.

“Banyak manipulasi suara yang di lakukan oleh dua oknum komisoner KPU Yapen yang tidak bertangung jawab bahkan sudah pergi melarikan diri hingga saat ini,” ucap Benyamin.

Baca Juga  Empat Dapil Sementara Dimenangkan Pasangan Lukmen

Kemudian lebih kanjut di tegaskan Benyamin untuk hasil suara partai politik saat ini untuk tingkat daerah harus di bekukan sampai ketua KPU Yapen bisa mempertangung jawabkan perbuatanya, sebab hasil DB-1 saat ini itu tidaklah sah sebab sudah banyak perubahan perolehan suara yang telah di rubah oleh ketua KPU Yapen.

“Untuk pelaksanaan tahapan tingkat daerah Yapen karena bermasalah maka kami minta untuk segera di ambil alih oleh KPU Provinsi,” tegasnya.

Menurutnya apa yang telah di lakukan oleh ketua KPU telah banyak merugikan rakyat, partai dan terutama para caleg di daerah.

“Ini harus segera di lakukan proses hukum agar nantinya kedepan ini menjadi efek jera bagi penyelengara pemilu lainnya,” ujarnya.

Di ketahui aksi demo yang di lakukan merupakan sudah yang kesekian kalinya di lakukan bahkan hingga mendatangi kediaman ketua KPU,namun hingga kini tidak ada satupun yang mengetahui keberadaan ketua KPU Yapen bersama salah satu Komisionernya.

Penulis : IR.
Editor : AJ.

print

Iklan Pekan Daerah KTNA XIII Muba

Berita Populer

To Top