Kalimantan Selatan

Sultan Khairul Saleh Bakal Maju di Pilgub 2021

on

BANJARMASIN, IGLOBALNEWS.CO.ID – Sultan Banjar yakni Yang Mulia Sultan Haji Khairul Saleh menyatakan siap maju di Pilgub Kalsel 2021 mendatang, menyusul semakin banyaknya dukungan dari sejumlah kalangan agar ia mengikuti pemilihan gubernur Kalsel mendatang.

Hal itu ia sampaikan dalam halal bihalal Idul Fitri, akhir pekan tadi di kediamannya di Kompleks Banjar Indah Banjarmasin. “Beberapa waktu terakhir, sejumlah kalangan mendorong saya untuk maju pada pilgub Kalsel mendatang. Jika itu memang keinginan masyarakat, saya siap saja untuk maju di pilgub,” ujar politisi murah senyum ini kepada pers.

Bahkan secara jelas ia mengatakan bahwa bisa saja ia maju dari jalur independen, bersama-sama dengan Habib

Abdurrahman Bahasyim yang juga dikenal sebagai Habib Banua. “Nah, kalau sudah berpasangan dengan habib, insya Allah dukungan masyarakat akan semakin luas,” selorohnya, seraya diaminkan oleh Habib Banua yang memang hadir saat itu.

Sultan Khairul mengatakan, dirinya menganut pemahaman bahwa karir politik tidak perlu diambisikan secara berlebihan, melainkan seperti air mengalir saja. Begitu juga ketika ia terpilih nmenjadi anggota DPR RI dari

PAN, juga tidak diniatkan sebelumnnya. “Saya di hari terakhir pendaftaran ditelpon petinggi PAN Jakarta untuk ikut membantu partai. Jadi, semua atas permintaan orang lain. Saya tidak menuntut jabatan, tetapi jika orang banyak meminta saya mengembannya, maka insya Allah saya akan siap, karena ini mungkin sudah takdir Tuhan yang harus saya lalui,” katanya mantap.

“Beliau sangat berpeluang untuk maju melalui jalur independen, dan saya siap membantu,” ujar Habib Banua seraya menambahkan bahwa sosok Sultan Banjar memang sangat ideal menjadi gubernur Kalsel mendatang.

Diprediksi, Sultan Khairul lebih memilih jalur independen untuk menghindari drama politik sebagaimana di 2016 lalu, ketika ia sudah hampir pasti maju melalui salah satu parpol, namun di menit akhir, justru “ditelikung” oleh oknum politisi. Padahal, Sultan Khairul mantan Bupati Banjar ini mempunyai elektabilitas tertinggi dari sejumlah lembaga survei untuk menjadi gubernur kala itu. Namun, apa daya, secara ‘modal’

Baca Juga  Hanya Kurnia yang Lolos Kualifikasi Tunggal

Sultan Khairul dikalahkan oleh sejumlah pemilik modal.

Dengan jalur independen, menurut Habib Banua yang juga anggota DPD RI terpilih terbanyak nomor satu ini, langkah Sultan Banjar menjadi Kalsel 1 akan bisa lebih dimudahkan, mengingat persaingan memperoleh perahu parpol dipastikan akan penuh drama kalau tidak ingin disebut sebagai ‘money politic’.

Penulis : Adi.
Editor : AJ.

print

About iGlobalNews

Recommended for you