Leaderboard Iklan Hari Kesehatan Nasional Pemkab Morowali HUT Morowali Pemkab
Sumatera Utara

Perkuat SDM Guru, Tim Dosen Universitas Harapan Medan Beri Pelatihan Sistem Informasi Pengelolaan Data

MEDAN, IGLOBALNEWS.CO.ID – Salah satu bentuk Tri Dharma perguruan tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat. Kali ini, tim dosen dari Universitas Harapan Medan, yakni Yanti Faradillah Siahaan, Tantri Hidayani Sinaga, Edrian Hadinata dan Dedy Irwan memberikan pelatihan teknologi informasi kepada puluhan guru SDN 060827 di Jalan SM. Raja Kecamatan Medan Amplas, Jumat (21/6/2019).

Melalui judul ‘Pelatihan Sistem Informasi Pengelolaan Data Nilai Siswa kepada para guru’ diharapkan dapat meningkatkan SDM guru di bidang IT.

“Di era teknologi informasi yang terus berkembang, guru dituntut mampu mengikuti perkembangan zaman. Termasuk melek teknologi media informasi. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan keilmuan dan wawasan, sekaligus mempermudah guru dalam menyimpan dan mengelola data nilai siswa”, Papar Ketua Tim Dosen Universitas Harapan Medan, Yanti Faradillah Siahaan.

Menurutnya, hal itu dikarenakan menjadi seorang guru memang sudah seharusnya mengupdate diri, menambah pengetahuan khususnya di bidang teknologi, mengingat zaman yang semakin modern dan canggih. Tidak ada lagi alasan untuk tidak mengerti IT, sebab menimba ilmu itu tidak ada batasan usia baik dari balita hingga tua.

Tujuan kegiatan ini, dikatakan Yanti untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada para guru agar tidak lagi kesulitan dalam mengelola dan memberi nilai kepada siswa sesuai K13. Di mana akan kita ajarkan cara pemanfaatan cloud computing sebagai software as a service.

Lebih jauh dipaparkan, melalui teknologi cloud computing memungkinkan pengguna untuk menyimpan file secara online. “Intinya bisa dibuka kapan saja, di mana saja selama terhubung dengan internet. Dan keunggulannya, data-data yang selama ini dimiliki bisa disimpan secara aman dan tidak akan hilang”, Jelas dosen yang mengajar jurusan teknik dan komputer di Universitas Harapan Medan.

Baca Juga  LIPAN : Apa Masih Ada Penegak Hukum di Sumut

Dikatakannya lagi, tidak hanya itu, dengan menggunakan sistem tersebut juga sangat memudahkan guru dalam mengisi data-data pokok pendidikan lainnya. “Jadi dahulu, saat melakukan pengelolaan nilai siswa harus melihat bertumpuk-tumpuk berkas secara manual. Sekarang berkas cukup di scan, lalu disimpan di cloud. Sewaktu dibutuhkan tinggal dibuka file cloud dan data bisa digunakan”, Terang Yanti.

Dengan teknologi ini, nantinya tidak ada cerita lagi data atau file hilang, hingga tempat penyimpanan data (flashdisk) atau komputer hilang, sehingga data yang tersimpan juga ikut hilang. “Jadi ini lebih aman, efektif dan efesien, data juga tidak akan tertinggal karena akses kapan saja dimana saja,” Tandasnya.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 jam tersebut, diikuti oleh puluhan guru wali kelas dan tata usaha dengan sangat serius dan antusias. Tampak para guru dan tata usaha memperhatikan dan menggunakan mouse dan keybord untuk mempraktekkan langsung materi yang diberikan oleh dosen Universitas Harapan Medan serta turut melibatkan beberapa mahasiswa. Diakhir pelatihan, peserta juga menjalani ujian kompetensi untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kemampuannya dan mendapatkan sertifikat.

Terpisah, Kepala Sekolah SDN 060827 Kecamatan Medan Amplas, Mutiara SPd mengatakan program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh para dosen Universitas Harapan Medan merupakan bagian kontribusi perguruan tinggi dalam membantu masyarakat menjadi lebih baik.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap program ini akan terus dilanjutkan. Untuk ke depannya, kami berharap supaya di adakan kembali, setiap 3 bulan sekali,” Pinta kepsek

Seorang dosen tidak hanya dituntut mampu mengajar tetapi juga aktif melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. “Kami selalu berharap pada dosen untuk aktif terjun ke tengah-tengah masyarakat dengan melakukan pengabdian. Karena kemajuan suatu daerah tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, akan tetapi juga merupakan tanggungjawab kita bersama,” Ujarnya mengakhiri.

Baca Juga  Sisihkan Uang Jajan Demi Menunaikan Ibadah Haji

Peliput: Lubis,
Editor: Dny.

print
Iklan Hari Kesehatan Nasional Pemkab Morowali HUT Morowali PT IMIP HUT Morowali Pemkab Iklan Kecamatan Bahodopi HUT MOrowali ke-20

Berita Populer

To Top