Leaderboard Iklan Pekan Daerah KTNA XIII Muba
Hukum dan Kriminal

Pelaku Begal di Sarolangun Dihadiahi Timah Panas, Satu Pelaku Buron

SAROLANGUN, IGLOBALNEWS.CO.ID – Lagi-lagi jajaran Polres Sarolangun berhasil menangkap seorang begal yang berasal dari Karang Jayo Musi Rawas pada Sabtu kemarin (15/6/2019) melalui Polsek Pelawan Singkut.

Berdasarkan laporan Polisi Nomor : LP/B-27/VI/2019/JAMBI/RES SRL/SEK PEL. SINGKUT, Atas Nama : VPS perempuan umur 15 Thn, Pelajar SMPN 4 Sarolangun.

Kapolres Sarolangun, AKBP Dadan Wira Laksana melalui Kapolsek Pelawan Singkut, IPTU A Soekany Daulay menjelaskan kronologis kejadian.

Kejadian pembegalan terjadi pada Sabtu (15/6/2019) sekira pukul 08.06 WIB. Saat itu, VPS (15 tahun) siswi SMPN 4 Sarolangun sedang menuju ke sekolah di Jalan Tripa, Desa Pelawan Jaya Kecamatan Pelawan, Kabupaten Sarolangun, Jambi bersama DP, temannya dengan menggunakan sepeda motor Honda Beat berwarna biru putih.

Kemudian, tiba-tiba, korban dipepet oleh sepeda motor Yamaha Vixion berwarna hitam putih tanpa nomor polisi dari belakang. Pelaku langsung mematikan kunci kontak sepeda motor korban dan motor berhenti. Ketika itu pelaku langsung memukul tangan kanan korban dengan keras dan mendorong korban agar turun dari kendaraannya.

Pada saat itu pelaku yang satu berteriak “Kasikan motornyo Dek kalau tidak kalian mati.”

Dikarenakan korban ketakutan dan teman korban turun dari motor, kemudian pelaku menarik setang motor korban dan pelaku langsung membawa sepeda motor Honda Beat milik korban.

“Selanjutnya korban berteriak minta bantuan kepada masyarakat dan juga menghubungi bapak korban melalui handphone dan masyarakat yang melintas membantu korban dengan cara menelepon Polsek Pelawan Singkut untuk meminta bantuan,” Ujar Kapolsek.

Serta memberitahu kepada polisi ciri ciri sepeda motor motor milik korban yang diambil oleh pelaku Honda beat dengan No Pol BH- 2286-QR, warna biru putih, pelaku berjumlah 2 orang dengan mengunakan sepeda motor Yamaha VIXION warna merah putih.

Baca Juga  Keluarga Korban Pengeroyokan Di Dermaga Pelabuhan Awang Desak Polisi Tangkap Pelaku

Mendapat informasi tersebut kemudian personel yang stand by di Simpang Singkut 5 melakukan penyisiran di jalan lintas.

Pada saat melakukan penyisiran personel melihat ada pengendara sepeda motor dengan kecepatan tinggi mengarah ke Rawas dengan mengunakan sepeda motor sesuai dengan ciri-ciri yang telah diinformasikan.

Sesuai dengan nopol sepeda motor Honda Beat warna putih biru BH 2286 QR kemudian personel melakukan pengejaran hingga sampai di Desa Sungai Jauh Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Muratara.

Sesampainya di Desa Sungai Jauh personel memastikan bahwa sepeda motor yang dikendarai oleh pelaku tersebut adalah sepeda milik korban yang dibawa oleh pelaku.

“Pada saat itu personel langsung memberikan himbauan dan tembakan peringatan kepada pelaku agar laju kendaraan pelaku berhenti, pada saat itu pelaku tidak menghiraukan himbauan dan tembakan peringatan dari petugas,” Katanya.

Bahkan tetap memacu laju sepeda motor yang dikendarainya. Selanjutnya terpaksa petugas Polsek Pelawan Singkut melakukan tindakan tegas dan terukur kepada pelaku, dengan cara menembak ke arah kaki pelaku, sehingga pelaku dapat dilumpuhkan.

Selanjutnya pelaku dan barang bukti sepeda motor milik korban berhasil diamankan, Untuk teman pelaku berhasil melarikan diri dengan mengunakan sepeda motor Yamaha VIXION warna merah putih ke arah Rawas.

Dari hasil interogasi pelaku yang berhasil ditangkap, teman pelaku bernama Robin yang saat ini masih dilakukan pengejaran (DPO).

Pelaku diketahui berinisial ET, warga Kecamatan Karang Jayo Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan.

Barang bukti yang berhasil diamankan polisi berupa satu unit Honda Beat warna biru putih, 1 (satu) lembar STNK Honda Beat warna biru putih, 1 (satu) lembar jaket merk Iron Stone.

Pelaku dikenakan Pasal 365 KUHP dengan ancaman sembilan tahun penjara.

Baca Juga  Warga Lubuk Sepuh Laka Tunggal di Jembatan Rangkiling

Penulis: Andra.
Editor: Dny.

print
Iklan Pekan Daerah KTNA XIII Muba

Berita Populer

To Top