Leaderboard Iklan Muba Pelantikan Muba DPRD Iklan HUT TNI ke-74 Morowali
Jakarta

KPK Kawal Tahanan ‘Plesiran’ Disekitar MMC Kuningan Jakarta?


JAKARTA, IGLOBALNEWS.CO.ID – Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya temukan dugaan maladministrasi terkait pengawalan yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap IM, tersangka korupsi yang sedang manjalani penahanan di Rutan KPK. Demikian diungkapkan Teguh Nugroho kepala Perwakilan Ombudsman RI Jakarta Raya kepada wartawan, Kamis (27/6/2019).

Pemandangan tak lazim bagi seorang tahanan perkara korupsi yang semestinya memakai rompi orange dengan terborgol ini diperlihatkan pada Jumat (21/6/2019), disebuah Rumah Sakit dan perbelanjaan di kawasan MMC Kuningan, Jakarta Selatan.
“Kami menemukan bahwa yang bersangkutan IM, memakai pakaian bebas casual, menggunakan ponsel pada pukul 12.39 Wib hingga pukul 14. 18 Wib” tutur Nugroho.

Menurut Nugroho, pihaknya telah melakukan konfirmasi atas temuan Ombudsman RI tersebut kepada pihak rutan KPK, dan diperoleh keterrangan yang membenarkan bahwa IM beroleh izin berobat ke dokter Spesialis, “Tetapi tidak secara spesifik menyebutkan rumahsakit mana yang harus dituju, karena penetapan rumah sakit rujukan bagi tahanan, ditetapkan oleh keputusan pengadilan,” imbuh Nugroho.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya Teguh P. Nugroho menuturkan, keterangan yang diperoleh dari pihak Rumahsakit MMC, IM melakukan pendaftaran untuk berobat gigi pada pukul 8.30 Wib, dan tiba di MMC pukul 11.30 Wib, dan selesai melakukan pembayaran pukul 11.58 Wib.

Peraturan KPK Nomor. 1 Tahun 2012 pasal 12 ayat (2), pasal 15 ayat (1) Huruf C, Tentang Perawatan Tahanan KPK, dan pasal 4 Hufuf J Permenkumham RI. No. 6 tahun 2013 Tentang Tata Tertib Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara dijelaskan, perawatan tahanan KPK menerangkan, tahanan keluar dari rutan harus dilakukan pemborgolan dan mengenakan rompi orange serta tidak diperkenankan menggunakan ponsel (HP).

Sesuai dengan kewenangannya sebagai institusi pengawas pelayanan publik, Ombudsman RI menyatakan akan meminta keterangan kepada pihak berwenang dalam pengawasan tahanan di Rutan KPK pada hari ini, Jumat (28/6/2019).

Baca Juga  Masih Marak, Bangunan Menyalahi Aturan Perizinan di Jaktim

“Permintaan keterangan ini merupakan bentuk pengawasan Ombudsman RI kepada para penyelenggara pelayanan Publik, dan bukan dalam rangka upaya melemahkan ataupun menghalangi upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK” kata Teguh Nugroho menegaskan.

Penulis : Richard Aritonang.
Editor : A Jueni.

print

Iklan Ucapan Pelantikan Presiden RI PT IMIP Iklan Muba Pelantikan DPRD Muba Iklan Ucapan Pelantikan Presiden RI PT OTI EA Abadi Iklan HUT TNI ke-74 Morowali Iklan HUT TNI ke-74 Morowali Iklan HUT TNI Morowali Iklan Morowali

Berita Populer

To Top