NTB

DPD GERAK INDONESIA Wilayah Provinsi NTB Tuding, Aktivitas Pertambangan Galian C, Oleh CV. Kian Sukses yang Diduga ilegal

on

DOMPU, IGLOBALNEWS.CO.ID – Menindak lanjuti temuan adanya Perusahan Pertambangan galian C, yang beroperasi di Desa Ketua dan Desa Manggenae, Kecamatan Dompu yang dinilai ilegal, karena fakta dilapangan Perusahan Pertambangan Galian C, tersebut tidak memiliki izin, alias illegal.

Ilham Apriwijaya Selaku Wakil Ketua DPD GERAK INDONESIA Wilayah Provinsi NTB, ketika dihubungi media ini melalui Whatsapp pada senin (03/06/2019) terkait dengan adanya Perusahan Pertambangan Galian C, yang beroperasi di Desa Ketua dan Desa Manggenae yang diduga menyalahi aturan, Ilham Apriwijaya menerangkan, “Sekitar delapan bulan yang lalu kami sudah layangkan surat klarifikasi melalui DPRD Kabupaten Dompu dengan meminta pihak CV. Kian Sukses untuk menyampaikan klarifikasi terhadap masyarakat yang merasa dirugikan, melalu Pemdes Ketua, namun tidak digubris oleh pihak CV. Kian Sukses.

Dan kami harap agar dari pihak dinas terkait, salah satunya Kepolisian selaku penegak hukum, Satpol PP selaku Penegak Perda, dan Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Dompu.

Hal seperti ini jangan ada pembiaran, selain tidak memiliki izin eksploitasi, dikawasan tersebut adalah peruntukan pemilik CV. Kian Sukses bukan untuk kepentingan rakyat.

Ilham Apriwijaya menambahkan, kami akan menindaklanjuti, mengingat adanya Pertambangan Galian C, yang merusak unsur-unsur tanah milik rakyat, rusaknya jembatan negara, hancurnya perairan sungai dan tidak melalui tahapan perizinan, kepemilikan PT tidak jelas, izin AMDAL tidak jelas, izin lingkungan, dan izin operasional tidak melalui prosedur, seperti halnya kajian AMDAL, kewajiban mensosialisasikan hasil kajian AMDAL yang menurut hukum, efek ekosistem, sosial, ekonomi, eksploitasi wajib masyarakat setempat mengetahui. Tegas Ilham.

Penulis : Hotroha Psb.
Editor : AJ.

print

About iGlobalNews