Kalimantan Selatan

Balai Bahasa Gelar Pelatihan Bahasa Media Massa

on

MARTAPURA, IGLOBALNEWS.CO.ID – Balai Bahasa Kalsel mengadakan diskusi terpumpun bahasa media massa bersama insan pers di Wisma Yulia, di Jalan Menteri Empat Martapura, Jumat (21/6/2019).

Kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari ini diikuti 30 peserta terdiri dari para wartawan baik cetak maupun elektronik, termasuk karyawan dari Diskominfo Banjar dan Humas Setda Banjar.

Kepala Balai Bahasa Kalsel, Imam Budi Utomo dalam sesi pembukaan menyampaikan bahwa insan pers merupakan salah satu ujung tombak negara dalam memasyarakatkan tata bahasa Indonesia yang formal dalam arti bahasa yang baik dan benar.

“Kami sangat berkepentingan menjalin kemitraan dengan insan pers. Kami tentu mustahil dapat memberikan penyampaian ke seluruh masyarakat tanpa bantuan insan pers. Insan pers menurut saya terdepan untuk menyajkan bahasa formal,” Tukas Imam.

Menurut Imam, masih ada sejumlah kasus yang menunjukkan bahwa penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar belum optimal, bahkan di ruang publik kadang masih ditemukan bahasa asing diutamakan ketimbang istilah Indonesia sendiri.

“Ironisnya, ini kadang terjadi di lembaga pemerintahan sendiri,” Cetusnya.

Ozi dari Abdi Persada FM mengaku senang mengikuti pelatihan. Sebab akan banyak ilmu yang bisa diserap untuk menyajikan berita dengan penggunaan bahasa yang lebih baik dan benar.

Penulis: Adi Permana.
Editor: Dny.

print

About Media iGlobalNews

Media online iGlobalNews adalah media informasi dan inspirasi. Media iGlobalNews mengabarkan berita secara cepat, tepat, terpercaya dan memberikan sajian secara aktual, tajam dan kredibel.