Leaderboard Iklan HUT RI Pemkab Muba Iklan HUT RI Dinas Bina Marga
Berita Utama

Trimen Harefa: Sengketa Arisan Dapat Dituntut Secara Hukum

GUNUNGSITOLI, IGLOBALNEWS.CO.ID – “Sengketa Arisan (dalam bentuk apapun) bisa dituntut atau diajukan gugatan secara hukum,” Ungkap pengacara Trimen Harefa ketika dikonfirmasi iglobalnews di kantornya di Jl. Supomo No. 45 Mudik Kota Gunungsitoli, Rabu (1/5/2019).

Lanjut Trimen, “Zaman sekarang Arisan semakin canggih bergerak lewat media sosial (owner dan member tidak ketemu langsung) sehingga sangat lemah dari sisi perikatan sebenarnya. Transaksi via transfer bank baik pembayaran
maupun pengembalian uang.”

“Cara menuntut dan meminta pertanggungjawaban dalam kasus ini adalah gugatan perdata, bukan laporan pidana. Di sini unsur pidana jelas tidak ada, yang ada wanprestasi (ingkar janji-red). Yang dapat dipidana itu owner-nya jika melakukan tindak pidana penipuan kepada member/anggota arisan,” Tutur Trimen Harefa.

“Banyak owner Arisan Online yang kaya cepat dari kegiatan ini. Keuntungan bisa sampai 30% setiap klop arisan. Namun, banyak oknum owner Arisol yang merugi akibat member yang menunggak,” Ujar dia.

“Akibatnya, banyaknya owner yang menuntut secara hukum, mengingat secara hukum perikatan Arisan Online sangat lemah, legalitasnya juga nyaris tidak jelas secara hukum sehingga ada oknum-oknum yang melakukan pengancaman dan pencemaran nama baik member di media sosial,” Jelasnya.

“Kami menghimbau, owner Arisan mengajukan gugatan ke Pengadilan manakala member ingkar janji (wanprestasi). Semua kasus member yang tidak bayar/menunggak bahkan menjadi utang hanya dapat diselesaikan lewat jalur keperdataan. Kepada seluruh member yang selama ini telah dirugikan dan diancam serta nama baiknya dicemarkan untuk segera membuat laporan kepada Kepolisian setempat,” Ujarnya.

“Tidak ada itu anggota/member arisan yang dapat dipolisikan karena ingkar janji/menunggak, tetap jalurnya keperdataan yakni sita jaminan harta anggota/ member arisan. Dan apabila owner tidak membayarkan atau meninggal dunia, maka hartanya juga dapat disita sebagai jaminan,” Tambahnya.

Baca Juga  Dewan Jaminan Sosial Nasional Melakukan Monitoring di Kabupaten Nias

“Segala bukti transfer dan rekening koran dan screenshoot Facebook atau catatan pembayaran tetap merupakan bukti surat dan eletronik yang memerlukan uji ITE,” Kata Trimen mengakhiri perbincangan dengan iGlobalNews.

Reporter: Parlin Dawolo.
Editor: Dny.

print
Iklan HUT RI Pemkab Muba Iklan HUT RI Pemkab Morowali Iklan HUT RI Organda Iklan HUT RI PT IMIP Iklan Aidul Adha PT IMIP Iklan Pekan Daerah KTNA XIII Muba

Berita Populer

To Top