Leaderboard Iklan HUT RI Pemkab Muba Iklan HUT RI Dinas Bina Marga
Lombok

Raup Amal di Bulan Suci, PMI Lombok Timur Gelar Kegiatan Donor Darah

LOMBOK TIMUR, IGLOBALNEWS.CO.ID – Donor Darah atau yang biasa dikenal dengan transfusi darah adalah proses penyaluran darah ke sistem peredaran darah orang lain. Langkah medis ini dilakukan untuk menyelamatkan nyawa ketika tubuh kekurangan darah, karena setetes darah sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan.

Palang Merah Indonesia(PMI) Cabang Lombok Timur selama Bulan Ramadhan menggelar Kegiatan Donor Darah ke tempat-tempat ibadah seperti di masjid-masjid.

Ketua PMI Lombok Timur melalui Kabid Pelayanan, Muhammad Nur, saat dikonfirmasi iglobalnews di sela kegiatannya di Mesjid Subulussalam Pancor, Rabu (14/5/2019) menyatakan, “Ini merupakan tahun kelima diadakannya kegiatan Donor Darah di Gumi Patuh Karya.”

Sedikit berbeda dengan hari biasa yang hanya mengagendakan waktu pagi dan siang. Namun khusus untuk Bulan Suci Ramadhan waktu kegiatan difokuskan pada malam hari selesai jamaah Shalat Tarawih dengan sasaran tempat ibadah seperti Masjid.

Mengingat begitu banyaknya kebutuhan akan darah, khususnya di Rumah Sakit Daerah dan beberapa Rumah Sakit Swasta seperti Rumah Sakit Islam Namira, Rumah Sakit Risa dan beberapa Klinik bahkan permintaan hingga di Kabupaten Lombok Tengah.

“Untuk Lombok Timur saja kebutuhan darah pada setiap bulannya berkisar dari 800 hingga 1000 kantong,” Jelasnya.

Adapun untuk sasaran dunia pendidikan Kegiatan Donor Darah diprioritaskan pada Sekolah Menengah Atas(SMA) atau sederajat serta Perguruan Tinggi. Untuk kriteria pendonor, lanjut Muhammad Nur, minimal berusia 17 tahun dengan berat badan 45 kg.

“Kami menghimbau peran serta masyarakat untuk ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan sosial Donor Darah tersebut mengingat begitu berartinya setetes darah bagi yang membutuhkan” Tandasnya.

Reporter: Jon.
Editor: Dny.

print

Iklan HUT RI Pemkab Muba Iklan HUT RI Pemkab Morowali Iklan HUT RI Organda Iklan HUT RI PT IMIP Iklan Aidul Adha PT IMIP Iklan Pekan Daerah KTNA XIII Muba

Berita Populer

To Top