Sumatera Utara

DPD LSM Penjara Desak Wali Kota Copot Kepala Inspektorat Padangsidimpuan

Foto: Massa DPD LSM Penjara saat demo di depan kantor Kejatisu.

Foto: Massa DPD LSM Penjara saat demo di depan kantor Kejatisu.

MEDAN, IGLOBALNEWS.CO.ID – DPD LSM Penjara kembali menggeruduk Kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara. Kejatisu didesak untuk memanggil dan memeriksa Kepala Inspektorat Kota Padangsidimpuan, Kamis (23/5/2019) terkait adanya dugaan penyalahgunaan anggaran tahun 2017

“Kita menduga adanya penyalahgunaan anggaran di Inspektorat Kota Padangsidimpuan, sesuai Perda Wali Kota Padangsidimpuan Nomor 1 tahun 2017 tentang penjabaran anggaran, Pendapatan Anggaran Daerah T.H  2017,” Terang Sekretaris DPD LSM Penjara, Feri Nofirman Tanjung seraya berjanji akan kembali melakukan aksi dengan massa yang lebih besar.

Sementara dalam pernyataan sikapnya, DPD LSM Penjara mendesak Kejatisu untuk memanggil Kepala Inspektorat Kota Padangsidimpuan dan turun langsung ke Kota Padangsidimpuan untuk melakukan Pulbaket di Kantor  Inspektorat Kota Padangsidimpuan.

Karena pihaknya menemukan adanya indikasi dugaan penyalahgunaan anggaran Inspektorat Kota Padangsidimpuan pada tahun anggaran 2017. Pihaknya juga mendesak Wali Kota Padangsidimpuan agar mencopot Kepala inspektorat Kota Padangsidimpuan.

Pantauan awak media, aksi demo yang dilakukan oleh DPD LSM Penjara ini diterima langsung oleh Kasi Penkum Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Sumanggar Siagian, yang mengaku sangat mengapresiasi aksi kedua tersebut. Ia juga mengajak demonstran untuk duduk bersama membahas dugaan penyelewengan anggaran tersebut untuk bisa ditindaklanjuti.

Foto:  Kasi Penkum Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Sumanggar Siagian.

Foto: Kasi Penkum Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Sumanggar Siagian.

“Saya sangat mengapresiasi aksi adek-adek dalam menyuarakan dugaan penyelewengan anggaran di wilayah Sumatera Utara, khususnya siang ini terkait penyalahgunaan anggaran Inspektorat Kota Padangsidimpuan, anggaran
tahun 2017,” Kata Sumanggar Siagian.

“Mari bergandeng tangan, kita duduk bersama demi menyelamatkan uang negara, karena uang negara adalah uang rakyat. Mari kita bekerja sama menuntaskan dugaan korupsi di Sumatera utara ini,” Tegas Sumanggar.

Baca Juga  Satsabhara Polres Pakpak Bharat Laksanakan Patroli dan Menghimbau Masyarakat Ikuti Protkol Kesehatan

Sebelumnya diberitakan, puluhan mahasiswa yang mengatasnamakan diri dari DPD LSM Penjara menggeruduk Kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) mendesak untuk memanggil dan memeriksa Kepala Inspektorat Kota Padangsidimpuan, Jumat (17/5/2019) lalu.

“Ada 2 item yang menurut kita terjadi penyalahgunaan anggaran, item pertama Kode Rekening 4.02.4.02.01.20. Program peningkatan sistem pengawasan internal dan pengendalian pelaksanaan kebijakan KDH, dengan nilai anggaran Rp.884.950.000.,” Kata Sekretaris DPD LSM Penjara, Feri Nofirman Tanjung.

Item kedua, program peningkatan profesionalisme tenaga pemeriksa dan aparatur pengawasan sebesar 499.075.000 Rupiah, dengan kode Rekening 4.02.4.02.01.21. Berdasarkan angka di atas diketahui jumlah anggaran untuk kedua item tersebut kurang lebih, 1.384.025.000 Rupiah, ” Sebut Feri.

Berselang beberapa menit, massa yang berorasi di depan Kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara ini terlihat diterima langsung oleh Kasi Penkum Sumanggar Siagian yang berjanji akan menyampaikan perihal tuntutan massa
kepada pimpinannya untuk ditindaklanjuti.

“Kami mengajak adek-adek sekalian untuk terus berkoordinasi ataupun bekerja sama dengan kami, bila menemukan penyimpangan uang negara di daerah Kabupaten/Kota dan terkait adanya indikasi dugaan penyalahgunaan anggaran di Inspektorat Kota Padangsidimpuan. Nanti akan saya sampaikan ke pimpinan untuk ditindak lanjuti,” Ujar Sumanggar.

Penulis: Ucok Siregar.
Editor: Dny.

print

Berita Populer

To Top