Leaderboard Iklan Hari Kesehatan Nasional Pemkab Morowali HUT Morowali Pemkab
Sulawesi Tengah

UMSK di Sepakati, Puluhan Ribu Karyawan Industri Pertambagan di Morowali Akhirnya Tersenyum Lega

Photo Rapat pembahasan UMS Kabupaten Morowali di rujab Bupati desa matansala kecamatan bungkus tengah pada senin (22/4/2019).

MOROWALI, IGLOBALNEWS.CO.ID – Perjalanan yang cukup panjang terkait pembahasan Upah Minimum Sektoral (UMSK) Kabupaten Morowali akhirnya hari ini terwujud kesepakatan semua pihak terkait, senin (22/04/2019).

pembahasan yang panjang dan elot antara Dewan oengupahan, Perusahaan dan Serikat Pekerja yang dimediasi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali selama lima bulan akhirnya melahirkan kesepakatan hari ini di Rumah jabatan Bupati Morowali desa Matansala kecamatan Bungku tengah.

Berdasarkan kesepakatan bersama semua pihak, maka Upah Minimun Sektoral Kabupaten (UMS) Kabupaten Morowali tahun 2019 yakni sebesar Rp 3.300.000 untuk bidang industri pertambangan dari sebelumnya sebesar Rp.2.900.000 pada tahun 2018.

Sementara di bidang perkebunan yakni sebesar Rp.3.000.000.

Bupati Morowali Drs Taslim yang diwakili Sekretaris daerah, H.Muh Jafar Hamid,SH berharap tidak ada lagi yang protes dengan keputusan bersama ini, sehingga karyawan dengan segera bisa mendapatkan gaji dan tidak ada lagi permasalahan. Pintanya .

Upah Minimum Sektoral Kabupaten Morowali resmi telah disepakati bersama oleh pihak dewan pengupahan ,Perusahaan dan Serikat Pekerja.

dan Pemerintah Daerah yang mediasi dan hasil kesepakatan ini akan mengajukan kepada Gubernur Sulawesi tengah untuk segera ditetapkan.

Dalam rapat penetapan (Upah Minimum Sektoral ) Kabupaten Morowali tersebut dipimpin Sekda H.Muh Jafar Hamid,SH, dan turut hadir Plt Kadis Nakertrans Drs.Abd Syukur, Kabid Hubungan Industrial Irsan, Ketua APINDO Najib Djibran,SH, Ketua Kadin Abd Hamid Hasim , Perwakilan PT IMIP, PT Transon, PT Wang Xiang, PT Hengjaya Mineralindo dan PT Tamako serta sejumlah pengurus Serikat Buruh kawasan IMIP .

Rekomendasi pengusulan UMSK Morowali akan ditindaklanjuti oleh Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Daerah Kabupaten Morowali selanjutnya diajukan ke tingkat Provinsi untuk di koreksi kembali dan ditetapkan oleh Gubernur Sulawesi tengah.

Baca Juga  Gereja Oikoumene Diresmikan Pemerintah Kabupaten Morowali

Sementara sejumlah karyawan yang bekerja di perusahaan yang bergerak dibidang industri pertambangan (kawasan IMIP red) menyampaikan rasa kegembiraannya atas terwujudnya kesepakatan semua pihak yang terkait dalam pembahasan UMSK.

Asriandi salah satu karyawan PT GCNS dalam kawasan IMIP merasa lega mendengar terwujudnya kata sepakat antara dewan pengupahan, Pengusaha dan buruh sehingga UMSK 2019 bisa menembus Rp.3.300.000.katanya.

Peliput : Abd Rahman Tanra.
Editor : AJ

print

Iklan Hari Kesehatan Nasional Pemkab Morowali HUT Morowali PT IMIP HUT Morowali Pemkab

Berita Populer

To Top