Riau

Kunjungan Perdana Gubernur Riau, Syamsuar Disambut Adat Melayu Rohil


BAGANSIAPIAPI, IGLOBALNEWS.CO.ID – Menggunakan kemeja berwarna putih berpeci hitam Drs H.Syamsuar,Msi turun dari mobilnya berplat nomor BM 1 di simpang Jalan Perwira dan Merdeka tepatnya di depan gedung Dekrasnada Rohil, Minggu (14/04/2019). Dua tahun lalu Syamsuar juga pernah ke Bagansiapiapi namun sebagai bupati Siak. Kali ini, Ia mengunjungi Bagansiapiapi sebagai Gubernur Riau (Gubri).

Ia bersama asisten I pemrov Riau Ahmad Syah Harofie. Kunjungan perdana sebagai Gubri disambut oleh bupati Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) H.Suyatno juga menggunakan kemeja putih dan berpeci hitam. Satu persatu di perkenalkan oleh orang nomor satu di Rohil tersebut sambil orang yang dikanalkan oleh H.Suyatno menyalami Gubri Syamsuar.

Di jalan Perwira samping Kantor BKAD Rohil, Gubri satu persatu menyalami para tokoh masyarakat, tokoh adat dan para pejabat Rokan Hilir. Tepat di ujung karpet merah, gubri pun di sambut secara adat melayu. H.Marzuki dan tetua adat lainnya memasangkan kain songket kuning ke pinggang Gubri H/Syamsuar. Kemudian menyematkan selempang kuning.

Selanjutnya peci hitam yang semula digunakan gubri dilepas diganti dengan tanjak kuning. Selanjutnya Syamsuar melihat atraksi pertarungan pendekar silat. Dua pendekar silat melayu yang menggunakan pakaian melayu warna merah hati tersebut memperagakan atraksinya di depan gubri Drs H.Syamsuar,Msi. Suara musik mengiringi atraksi dua pendekar tersebut.

Kemudian gubri Syamsuar memasuki gedung daerah Batu Hampar yang sebelumnya mess pemda tersebut. Di gedung daerah, gubri yang merupakan kelahiran jumrah, Rohil ini kemudian di dapuk dengan menggunakan acara melayu yakni tepuk-tepuk tawar.

Gubri Syamsuar datang ke Bagansiapiapi ini untuk membuka rapat koordinasi (rakor) camat dan penghulu se Rohil yang di gelar esok, Senin (15/04/2019). Sebelumnya, gubri singgah di jumrah untuk mengunjungi makam almarhum orang tuanya.

Baca Juga  Ez Warga Desa Sintong Diciduk Satnarkoba Polres Rohil

Dalam kesempatan ini, gubri mengutarakan program pembangunan provinsi riau khususnya untuk di daerah kabupaten rokan hilir. Infrastruktur jalan lintas pesisir sinaboi- Dujmai , jalan tol Dumai ke Pekanbaru hingga pembangunan rel lintas kereta api.

“Mudah-mudahan rel kereta api Sumut- Rohil-Dumai bisa dilanjutkan Pak Jokowi sehingga kita memiliki lintas kereta api di Riau ini,” tandasnya.

penulis : Andi Gun Riotallo.
Editor : AJ.

print

Berita Populer

To Top