Papua

Peringati Hari Air Sedunia Warga Mbua Manfaatkan Pengunaan Air Bersih

NDUGA, IGLOBALNEWS.CO.ID – Memperingati Hari Air Sedunia masyarakat Mbua, Kabupaten Nduga bersama Anggota Satgas YR 321/GT melakukan aktivitas pengunaan air bersih yang baik dan benar.

Salah satunya dengan mengajarkan cara hidup yang sehat dengan memanfaatkan pengunaan air bersih dalam kehidupan sehari-hari warga Mbua.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu anggota Sargas YR 321/GT , Letda Ckm Dr. M. Barkah dengan mengajarkan warga Mbua mencuci tangan mengunakan air bersih.

“Pagi-pagi kami sudah menyiapkan tempat air bersih, sabun cuci tangan dan bahan lainnya yang digunakan sebagai media untuk menjelaskan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga sumber air dan pemanfaatannya bagi kehidupan,”k Katanya, Sabtu (23/3/2019).

Dalam kesempatan itu juga pihaknya juga memberikan penjelasan tentang manfaat air bersih apabila dikelola dengan baik.

Begitu pula jika tidak bisa menjaga debit air dengan baik, maka akan berakibat bencana bagi warga yang tidak bisa menjaga dan merawat dengan baik.

“Selanjutnya kami mulai mengajarkan bagaimana cara cuci tangan yang benar, apalagi ini juga merupakan salah satu program dari WHO untuk kebersihan diri berupa tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air dan sabun untuk menjadi bersih,” Jelasnya.

Lebih lanjut, dikatakan dalam pengunaan air bersih selain untuk hidup sehat masyarakat pun dapat terhindar dari berbagai penyakit.

“Masuknya kuman bisa melalui tangan yang membawa kuman dan berpindah dari satu orang ke orang lain, baik dengan kontak langsung ataupun kontak tidak langsung,” Ucap Barkah.

Selain itu antusiasi warga Mbua begitu besar dalam mengikuti kegiatan cuci tangan pakai air bersih.

Bahkan anak-anak yang paling cepat merespon dan beramai-ramai mendatangi tempat kegiatan.

Penulis: Ir.
Editor: Dny.

print

Berita Populer

To Top