Kalimantan Selatan

Haul di Kubah Guru Sekumpul Dipadati Jemaah

on

MARTAPURA-KALSEL, IGLOBALNEWS.CO.ID – Jamaah sudah sangat padat, namun arus kedatangan masih berlangsung. Setiap posko sibuk mengatur arus kendaraan yang memasuki sekitar Sekumpul, seperti zona Kenanga, Indrasari, Sekumpul Ujung, juga PPS Jalan A. Yani, Sabtu (9/3/2019).

Sedikit demi sedikit area parkir mulai terisi. Kepadatan juga terlihat di Mushalla Ar Raudhah. Sebab, banyak jamaah juga berminat mengikuti prosesi haul di kubah Guru Sekumpul yang digelar selepas Salat Isya.

Kedua putra Guru Sekumpul Muhammad Amin Badali dan Ahmad Hafi Badali tampak di depan makam ayahandanya. Kedua pemuda yang tampan ini didampingi para ulama dan habaib di antaranya Guru Muadz, Guru Masdar dan lain-lain.

Sejak Ashar sebenarnya ruas Jalan Sekumpul sudah rapi dari jejeran shaf jamaah. Situasi ini mirip dengan puncak haul yang akan dilaksanakan Minggu (10/3/2019).

Pembacaan surah Yasin dan surah lain dipimpin Imam Mushalla Ar Raudhah Guru Sa’aduddin Salman Jalil. Syair Khobbiri lantas mengalun. Selepas itu, dilanjutkan tahlil nasyid.

Suasana religius memang sangat terasa, apalagi dzikir nasyid in dilantunkan ratusan ribu jemaah. Hanya keberkahan dari Allah dan syafaat Rasulullah SAW yang diharap dengan wasilah menghauli salah satu wali Allah yang bertitel kutub yakni Guru Sekumpul atau Syekh Zaini Ghani Al Banjari.

Minggu besok adalah puncak haul ke-14 Guru Sekumpul. Inilah acara haul yang diklaim sebagai haul terbesar di Asia Tenggara, karena dihadiri lebih sejuta jamaah dari dalam negeri sampai luar negeri.

Penulis: Adi.
Editor: Dny.

print

About Media iGlobalNews

Media online iGlobalNews adalah media informasi dan inspirasi. Media iGlobalNews mengabarkan berita secara cepat, tepat, terpercaya dan memberikan sajian secara aktual, tajam dan kredibel.