Kalimantan Selatan

Gebraks Gerakan Bersama Realisasi Aksi Sanitasi

on


MARTAPURA, IGLOBALNEWS.CO.ID – Program Gebraks, atau Gerakan Bersama Aksi Sanitasi diluncurkan oleh Bupati Banjar H.Khalilurrahman melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjar, untuk mempercepat upaya penghapusan jamban terapung di tepian Sungai Martapura.

Bupati mengatakan, Wilayah Banjar memang warganya sebagian besar di tepian sungai, sehingga merupakan tantangan tersendiri untuk mengubah budaya masyarakatnya yang sering buang hajat ke sungai untuk beralih ke jamban atau WC di darat yang lebih sehat.

“Dulu ikan banyak sehingga tinja bisa langsung hilang. Sekarang ikan berkurang sehingga tinja bisa mencemari sungai, sehingga rawan kolera dan untaber,” ungkap pria yang akrab disapa Guru Khalil ini.

Dikatakan, dari survei, dari Asatambul hingga Sei Lulut, Sungai Tabuk, setidaknya ada 9.000 jamban terapung. Jika tiap orang saja memanfaatkan jamban, kalau sehari bisa 9 ton tinja dibuang ke sungai, ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan warga yang masih banyak memanfaatkan air sungai untuk keperluan minum atau memasak.

Sementara itu, Kadis PUPR M Hilman mengatakan, pembongkaran jamban terapung kelanjutan 2018 untuk mendukung program penghapusan 1.000 jamban apung.

“Gebraks ini paket menuntaskan layanan air limbah juga didampingi USDP Bappenas. Sampai 2018, sudah dibongkar 294 jamban terapung. Maka tahun ini kita akan menghapus jamban terapung sebanyak 270. Semoga program Pak Bupati bisa tuntas sampai 2021,” tukasnya.

2018 untuk mengganti jamban terapung, telah dibangun septic tank individual 839 unit, juga tambahan 392 buah dari APBD Banjar. 31 buah sumbangan dari Dinas PUPR Kalsel sebagai realisasi dukungan Paman Birin, Gubernur Kalsel dalam program ini. Juga 1.139 buah dari dana desa. Juga ada MCK komunal dua buah.

2019 ini pihaknya akan menghapus 270 jamban apung, yang terdiri dari empat lokasi (4 kecamatan) dan 21 desa. Martapura 61 buah, Martapura Timur 140 jamban, Martapura Barat 47, dan Sei Tabuk 22 buah.

Baca Juga  Kabupaten Banjar Terima Penghargaan SAKIP Ketiga Kalinya

Penulis : Adi
Editor : Aj.

print

About iGlobalNews

Recommended for you