Kalimantan Selatan

Dua Capres Kemungkinan Hadiri Haul Sekumpul

on

Photo diambil dari goole.

MARTAPURA, IGLOBALNEWS.CO.ID – Magnet Haul ke-14 Syekh Zaini Ghani atau Guru Sekumpul memang luar biasa. Selain menyedot lebih sejuta jemaah, ternyata haul ini pun menarik untuk dihadiri oleh para pembesar negeri ini.

Dua calon presiden, yakni Jokowi dan Prabowo bahkan diperkirakan hadir di acara puncak haul, Minggu (10/03/2019) mendatang.

Kasat Lantas Polres Banjar AKP Indra Agung juga melihat ada kemungkinan dua capres akan hadir pada haul. “Kalau pun para capres hadir, kita sudah siapkan rekayasa lalu lintas untuk mempermudah rombongan mendekati area Mushalla Ar Raudhah. Tetapi, kalau pun tidak, kita juga akan tetap bekerja melayani para tamu sehingga arus ke Sekumpul lancar,” tegas Indra.

Secara teknis, mobil rombongan VVIP akan masuk melalui Jl Pendidikan, beberapa meter setelah Jembatan Sei Paring, Martapura. “Di depan Gedung PN Martapura kita buat turn back, sehingga langsung masuk Jl Pendidikan, lalu masuk Jl Guntung Alaban dan turun di depan AZ. Jika benar-benar kedua capres datang, Jl Pendidikan dan Guntung Alaban kita sterilkan,” jelasnya.

Senada, Tim Relawan Posko Induk Sekumpul, Abdel Rahman mengatakan, pihaknya masih belum bisa memastikan apakah kedua capres hadir atau tidak. “Kalau datang kita juga sudah siap. Sebab tidak ada undangan khusus. Acara ini terbuka saja bagi siapa yang mau hadir, asalkan tidak berkampanye atau memakai atribut politik,” cetusnya.

Sementara itu, untuk memprlancar arus lalu lintas dalam Kota Martapura terutama Sekumpul, maka tim bersama, baik dari relawan, dari Polres Banjar maupun Dishub Banjar mulai melarang truk-truk besar angkutan barang melintas dalam kota H-3 atau mulai Kamis (07/03/2019). Bahkan, pada Sabtu (09/03/2019) mulai pukul 10.00 pagi, kendaraan roda empat yang bukan jemaah haul dilarang memasuki kawasan Sekumpul, mengingat peziarah sudah semakin padat pada saat itu.

Baca Juga  KH Ma'ruf Shalat Jumat di Martapura

Kabid Perhubungan Darat Dishub Banjar, Faisal membenarkan hal itu. “Sabtu mulai 10 pagi, dilakukan penutupan sejumlah ruas jalan, terutama memasuki Sekumpul. Kendaraan jemaah sudah disiapkan parkir di sejumlah titik parkir sesuai arah kedatangan. Kawasan Sekumpul akan dimasuki dengan jalan kaki, demi memudahkan jemaah dan menghindari kemacetan,” ujar Faisal.

Penulis : Adi.
Editor : AJ.

print

About iGlobalNews

Recommended for you