Aceh

Abusyik : Sektor Budaya tidak Boleh Kita Abaikan

PIDIE, IGLOBALNEWS.CO.ID – Dalam membangun Aceh khususnya Kabupaten Pidie tidak semata-mata pembangunan di bidang Infrastruktur, Pendidikan, Pertanian atau kesehatan.

“Sektor budaya dan pariwisata tidak boleh kita abaikan karena Aceh memiliki potensi luar biasa di bidang ini. Kabupaten Pidie termasuk salah satu yang memiliki potensi hebat itu terbukti masyarakat dan sampai saat ini masih banyak yang mempertahankan,” tegas Bupati Pidie, Roni Ahmad (Abusyik), Sabtu (16/03/2019) pada pembukaan Festival Wisata Budaya Apam Fair tahun 2019.

Festival ini dilaksanakan dengan memperlombakan berbagai apam tradisional dan inovasi yang diikuti oleh peserta dari 23 Kecamatan dalam Kabupaten Pidie sekaligus kenduri 1001 apam kepada seluruh masyarakat yang ikut meramaikan festival wisata budaya ini.

“Budaya kenduri apam harus dilestarikan sebagai budaya masyarakat Kabupaten Pidie sampai kepada anak cucu kita nanti, serta untuk melestarikan nilai-nilai kearifan lokal dalam mengokohkan kebersamaan,” harap Abusyik.

Disamping itu, kegiatan ini juga diisi dengan berbagai perlombaan atraksi seni yang merupakan kegiatan kehidupan sehari-hari masyarakat di masa lalu yang keberadaannya hampir punah saat ini.

“Selain itu, ajang ini juga merupakan sebagai salah satu agenda untuk mempromosikan potensi Kabupaten Pidie kepada wisatawan baik lokal maupun mancanegara,” sebut Bupati.

Penulis : Ikhsan.
Editor : AJ

print

Berita Populer

To Top