Jambi

Kolam Program Dana P2DK Desa Suka Maju Jebol Diterjang Banjir


SAROLANGUN, IGLOBALNEWS.CO.ID – Akibat tingginya intensitas hujan di Kabupaten Sarolangun sejumlah sungai-sungai menjadi meluap, akibat luapan sungai tersebut banyak wilayah di Desa menjadi Banjir, salah satunya adalah Desa Suka Maju, Kecamatan Mandiangin, Kabupaten Sarolangun, Jambi.

Banjir cukup dirasakan oleh masyarakat Suka maju, pasalnya genangan air telah masuk dalam kawasan kolam tambak ikan yang di program kan dari dana program P2DK menjadi jebol, Karena tidak mampu menampung debit air yang meluap.

Kades Suka Maju menjelaskan pada media ini via telepon pada Jumat (08/02/2019) dia mengatakan.

” Benar sejumlah kolam kita sudah jebol diterjang Banjir, akibat jebolnya kolam kolam kita tersebut sejumlah ikan yang ada sudah ikut keluar bersama arus air.

“Kita sudah berupaya bersama Masyarakat mengantisipasi agar ikan-ikan yang ada di kolam bisa di selamatkan, namun hal tersebut menjadi sia-sia karena luapan airnya semakin besar dan menenggelami semua bidang-bidang kolam yang ada.

“Dari itu semua persoalan sudah kita laporkan ke Dinas PMD Kabupaten Sarolangun, untuk mengantisipasi karena Rusaknya kolam pengembangan ikan dari dana program P2DK Desa Suka Maju akibat bencana alam.

Mutakin selaku Kepala Desa suka maju menjelaskan, selama ini belum pernah terjadi banjir sebesar ini, akibat diguyur hujan semalam suntuk semua sungai-sungai yang berada melingkari Desa menjadi banjir dan meluap luar biasa, hal yang sama juga di alami oleh Desa tetangga sebelah yakni Desa Butang Baru namun meski kolamnya mengalami kebanjiran ikan ikan mereka bisa selamat karena mereka memakai keramba terapung, sementara kita di Desa Suka Maju ini langsung di pelihara di kolam Galian.

” Makanya saat ini ikan yang ada di dalam kolam kita sudah banyak yang keluar di Bawak arus Air, saya belum pastikan secara menyeluruh karena saat ini kondisi air masih banjir.” Kata kades

Baca Juga  Grand Hotel Jambi Di Duga Melanggar Perda

Terkait peristiwa ini kepala dinas pemberdayaan masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sarolangun, Mulyadi ketika di hubungi membenarkan adanya laporan dari kades suka maju, di jelaskan

” Kita sudah menerima laporan jebol nya kolam ikan dari program P2DK desa suka maju akibat banjir, semua kolam mereka yang kena Banjir sudah di laporkan namun secara Rinci belum bisa di pastikan karena ini sipatnya masih laporan.

“Kolam-kolam tersebut berisi ikan antara lain ikan lele dan ikan patin, banjir yang melanda kolam ini akibat luapan anak sungai yang ada di sana.” Tutup Mulyadi

Penulis : Andra.
Editor : AJ.

print

Berita Populer

To Top