Kalimantan Selatan

DPRD dan Dinas PUPR Akan di Perdakan RTRW

on

MARTAPURA, IGLOBALNEWS.CO.ID – Dalam waktu dekat perubahan Rencana tata ruang wilayah (RTRW) akan dibahas di DPRD Banjar untuk diperdakan. Saat ini, Dinas PUPR Banjar sedang menggodok bahan-bahan yang akan dibawa ke rapat paripurna.

“Mudah-mudahan dalam bulan Maret mendatang, bahan-bahan yang sedang kita persiapkan bisa dibawa ke rapat paripurna di DPRD. Sehingga target kita sebelum akhir tahun, kita punya RTRW yang baru setelah dilakukan revisi dan penyesuaian-penyesuaian,” ujar Kadis PUPR Banjar, Mokhamad Hilman ST MT, kepada pers di Martapura, Rabu (20/2/2019).

Ditambahkan, persyaratan-persyaratan yang masih dikerjakan antara lain kajian lingkungan hidup strategis (KLHS) yang merupakan hasil penyesuaian dari RTRW Provinsi Kalsel. “Perubahan mesti juga kita lakukan, mengingat kebijakan pusat maupun provinsi seperti adanya jalan tol Batulicin (Kabupaten Tanah Bumbu) tembus Kecamatan Simpang (Kabupaten Banjar). Juga rencana ada rel kereta api yang merupakan program strategis pusat.

Selain itu, ada juga rencana Aero City sebagai bagian dari pengembangan Bandara Syamsuddin Noor Banjarbaru dan sebagainya,” terang Hilman.

Selain itu, sedang diurus juga persetujuan bersama dengan kabupaten/kota tetangga sebanyak delapan daerah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Banjar. “Kita tidak bisa serta-merta mengklaim peta wilayah sebelum ada persetujuan dari daerah tetangga. Yang juga dalam proses adalah persetujuan wilayah kita dengan daerah tetangga sebanyak delapan daerah,” akunya.

Menurutnya, selain Kabupaten Banjar yang sedang merevisi RTRW-nya, juga ada Kota Banjarmasin dan Kabupaten Tapin. Hal itu terungkap dalam rapat nasional tentang RTRW di Kota Malang, Jatim, baru-baru tadi.

“Pada reivisi tersebut, ada harapan kalau pengembangan kota jangan lagi terfokus di Gambut dan Kertak Hanyar, tetapi dikembangkan ke arah Kecamatan Simpang Empat, Astambul, Sambung Makmur dan Sungai Pinang.

Baca Juga  Kamis Sore Bendungan Irigasi Dibuka, Anak-Anak Jangan Bermain di Irigasi, Bahaya

Pertimbangannya, perkembangan manusia setiap tahun akan semakin bertambah, tentunya, permukiman penduduk juga mesti dipersiapkan. Kebetulan jalan tol melalui arah utara kabupaten kita, maka kami pandang bahwa area permukiman pun bisa dikembangkan di kawasan utara,” bebernya.

Penulis : Adi.
Editor : AJ.

print

About iGlobalNews

Recommended for you