Leaderboard Iklan Bupati Muba Cup Prix 2019 Iklan HUT RI Dinas Bina Marga
Sulawesi Tengah

Dandim 1311/Morowali: Peringatan HPSN, Mari Wujudkan Lingkungan yang Bersih

MOROWALI, IGLOBALNEWS.CO.ID – Hari Peringatan Sampah Nasional (HPSN), diperingati jajaran Kodim 1311/Morowali dengan menggelar kerja bakti bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Morowali dan sejumlah komponen masyarakat setempat pada Kamis (21/2/2019).

Kegiatan ini diawali upacara dengan dipimpin Dandim 1311/Morowali, Letkol Arh. Sabariyandu K. Saragih.

Peringatan HPSN tahun ini mengusung tema ‘Kelola Sampah untuk Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai’.

Dandim 1311/Morowali dalam amanahnya mengatakan, “Hidup bersih tanpa sampah berarti memperhatikan nilai estetika dari sebuah lingkungan.”

“Kalau lingkungan kita bersih akan enak dipandang, indah dan nyaman,” Ujarnya.

Ditambahkan, masyarakat perlu merawat kepedulian akan kebersihan lingkungan.

“Kita harus tanamkan sikap peduli terhadap lingkungan, kalau ada sampah dilihat langsung pungut dan buang pada tempatnya,” imbau Sabariyandu K. Saragih.

Dengan mewujudkan lingkungan yang bersih, tambahnya, sudah pasti akan diterapkan pola hidup yang sehat.

“Sampah merupakan penyebab munculnya berbagai penyakit,” Kata dia.

“Kalau banyak sampah, tentu muncul sumber bermacam macam penyakit, seperti genangan air akibat tumpukan sampah maka apabila lingkungan bersih otomatis kita telah menerapkan hidup sehat,” Lanjut Sabariyandu K. Saragih.

Sesungguhnya sampah dapat bernilai ekonomis dalam pengolahannya. Seperti pemanfaatan sampah-sampah non organik yang sulit terurai.

“Sampah bisa bernilai apabila kita memanfaatkannya dengan baik, contohnya plastik, kaleng dan botol minuman bisa dibuat menjadi kerajinan tangan,” Kata Sabariyandu K. Saragih.

Usai upacara dilanjutkan kerja bakti dimulai dari kompleks Polsek Bungku Tengah, sekitar Gereja Oikumene, Masjid Islamic Center, lapangan bulutangkis Bungku, rumah raja dan berakhir di Dermaga Bungku.

Turut hadir, Kapolsek Bungku Tengah, Kadis Lingkungan Hidup, jajaran Kodim 1311/Morowali, Jajaran Polsek Bungku Tengah dan pasukan Morowali Moroa (penyapu jalan) dari lingkungan hidup.

Baca Juga  Sungai Dampala Telan Korban, Dua Warga Dinyatakan Hilang

Peliput: Abd Rahman Tanra.
Editor: Dny.

print
Iklan Bupati Muba Cup Prix 2019 Iklan HUT RI Pemkab Morowali Iklan HUT RI Organda

Berita Populer

To Top