Jawa Barat

Wali Kota Depok Resmikan Depok City Operation Room (DeCor)

DEPOK, IGLOBALNEWS.CO.ID – Pemerintah Kota Depok mewujudkan Smart City yang dilaksanakan dengan membangun Depok City Operation Room (DeCor).

Peresmian DeCor dilakukan oleh Wali Kota Depok, Rabu (23/1/2019) di lantai 5 Balai Kota Depok Jawa Barat.

Wali kota Depok Mohammad Idris menyatakan bahwa hadirnya DeCor sejalan dengan misi Pemkot Depok untuk menyelenggarakan pelayanan publik yang profesional dan transparan.

“Memang mimpi kami dengan didukung oleh para anggota tim Smart City yang luar biasa hingga akhirnya bisa terwujud. Ini bukan akhir tapi justru awal untuk mempersembahkan pelayanan yang terbaik untuk warga Depok,” Kata Idris.

Dia menambahkan, guna menunjang kinerja Pemkot Depok, tahun ini akan kita tambah 10 CCTV lagi yang akan dipasang di berbagai titik seluruh penjuru Depok.

Pengendalian CCTV tetap berada di bawah kontrol Dinas Perhubungan.

“Kalau di sini hanya pemantau saja,” Ungkap Idris usai meresmikan DeCor pada wartawan.

Selain itu, Pemkot Depok juga bekerja sama dengan Polresta Depok jika terdapat gangguan keamanan yang dilaporkan melalui Call Center yang terintegrasi di DeCor.

Di tempat yang sama, Sidik Mulyono Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok menambahkan, adanya operation room sebagai kendali terpadu dan terintegrasi untuk memantau dan menerima data berbasis teknologi.

Sasarannya dalam rangka menyempurnakan pelayanan publik.

“Kami juga dapat memonitor keadaan kota dengan menggunakan layar lebar yang tersambung dari CCTV yang tersebar di seluruh penjuru Depok. Kami bekerja sama dengan dinas terkait antara lain Dinas Perhubungan, Dinas Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Kesehatan, Satuan Polisi Pamong Praja,” Tutur Sidik.

Selanjutnya dia memaparkan berbagai fasilitas yang tersedia di DeCor, di antaranya ruang kendali yang tersambung dengan monitor besar, ruang tunggu, ruang rapat yang memiliki fasilitas teleconference yang dapat dilakukan ke berbagai kantor kecamatan dan kelurahan se-Kota Depok.

Baca Juga  Wiranto: Masa Depan Indonesia Penuh Optimisme

DeCor juga didukung dengan perangkat UPS, server, audio video yang maksimal.

DeCor memiliki 12 petugas yang memiliki tanggung jawab berbeda. Antara lain petugas yang menangani bidang kesehatan, bidang kebakaran dan penyelamatan, bidang lalu lintas jalan, bidang polisi pamong praja, bidang komunikasi dan informatika dan bidang pelayanan administrasi data.

Sidik berharap, seluruh layanan berbasis teknologi informasi ini bisa terintegrasi menjadi satu dan dapat mengoptimalkan pelayanan sebagai pusat pengendali layanan kepada masyarakat.

Penulis: Dar.
Editor: Dny.

print

Berita Populer

To Top